Pengembangan Perangkat dan Model Kontekstual Pembelajaran Sains Bilingual Berbasis ICT Pada Siswa SMPN 1 Singaraja

Authors

  • Putu Yasa
  • Putu Suarcaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1762

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu perangkat dan model kontekstual pembelajaran Sains Bilingual berbasis ICT, yang mampu memberikan peluang siswa untuk me-ngembangkan kompetensi mereka pada aspek-aspek: konseptual dan keterampilan komunikasi Sains dalam Bahasa Inggris. Data penelitian terdiri dari data tentang perangkat pembelajaran yang berhasil dikembangkan, model kontekstual pembelajaran sain bilingual, data validitas, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Masing-masing data dikumpulkan dengan: lembar validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, kuesioner dan catatan-catatan yang dikumpulkan oleh peneliti. Semua data pene-litian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data selanjutkan dibandingkan dengan indicator yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dapat dikembangkan sebuah model pembelajaran kontekstual dengan perangkat pembelajaran yang berbasis ICT yang valid, dan efek-tif dalam meningkatkan hasil kualitas pembelajaran Sains bilingual.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pembelajaran kontekstual, dan Pembelajaran Sains bilingual.

Downloads

Published

2009-10-31

How to Cite

Yasa, P., & Suarcaya, P. (2009). Pengembangan Perangkat dan Model Kontekstual Pembelajaran Sains Bilingual Berbasis ICT Pada Siswa SMPN 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3 Okt). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1762

Issue

Section

Articles