Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • I Wayan Sudiasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1841

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nusa Penida pada kelas X sebanyak 188 orang. Penelitian dirancang dalam bentuk posttest only control group design. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar yang berbentuk essay dan tes kemampuan numerik yang berbentuk objektif dengan lima pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians faktorial 2´2 dan dilanjutkan dengan uji t-Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, hasil belajar matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri..

Kata-kata Kunci:inkuiri, hasil belajar matematika, kemampuan numerik

Downloads

Published

2012-10-01

How to Cite

Sudiasa, I. W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 45(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i3.1841