Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Pemahaman dan Keta-hanmalangan Siswa

Authors

  • I Gusti Ayu Tri Agustiana
  • I Made Citra Wibawa
  • I Nyoman Tika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2660

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran mitigasi bencana terhadap ketahanmalangan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri yang berjumlah 336 orang di kawasan rawan bencana di Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan model mitigasi bencana, sedangkan siswa kelompok kontrol dibelajarkan dengan model belajar konven-sional. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa pemahaman IPA yang dikumpulkan dengan test objektif dan data ketahanmalangan yang dikumpulkan dengan kuisioner. Data pema-haman dan ketahanmalangan siswa dianalisis dengan statistik inferensial, yaitu MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan ketahanmalangan siswa yang diajar dengan model pembelajaran mitigasi bencana lebih baik daripada pemahaman siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvesional.

Kata-kata Kunci:model mitigasi bencana, pemahaman sains, ketahanmalangan

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Agustiana, I. G. A. T., Wibawa, I. M. C., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Pemahaman dan Keta-hanmalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2 Juli). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2660

Issue

Section

Articles