Pengaruh Pelatihan Olahraga Tradisional Bali Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2683Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pelatihan olahraga tradisional Bali terhadap kebugaran jasmani siswa sekolah dasar kelas IV SD Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Bali. Adanya pengaruh dilihat dari perbedaan kebugaran jas-mani antara siswa yang diberikan olahraga tradisional Bali, model senam aktivitas, dan pembe-lajaran olahraga yang biasa dilakukan di SD Laboratorium UNDIKSHA sebagai kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa putra kelas IV SD Laboratorium Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja yang berjumlah 36 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 12 orang yang ditentukan secara random. Data kebugaran jasmani siswa dianalisis menggunakan ANAVA satu jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kebugaran jasmani antara siswa yang diberikan perlakuan pelatihan olahraga tradisional Bali, model senam aktivitas, dan kontrol. Pelatihan olahraga tradisional Bali memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model senam aktivitas dan kontrol.
Kata-kata Kunci:olahraga tradisional Bali, model senam aktivitas, kebugaran jasmani.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)