THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING TECHNIQUES AND SELF-CONFIDENCE ON STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCY
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2%20Juli.2858Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji perbedaan pengaruh penggunaan teknik pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control group design dengan faktorial 2x2 menggunakan teknik analisis Anova dua jalur dan tes Tukey. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mahasaraswati Denpasar. Temuan yang dihasilkan adalah bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berbicara mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi yang diajar dengan teknik Jigsaw II meraih keterampilan berbicara yang lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan teknik STAD. Tidak ada perbedaan kemampuan berbicara pada mahasiswa dengan rasa percaya diri rendah yang diajar dengan kedua teknik tersebut. Penelitian membuktikan tentang perlunya seorang guru mempertimbangkan rasa percaya diri siswa dalam implementasi suatu pembelajaran yang baruDownloads
How to Cite
Joni, D. A. R. W. (2013). THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING TECHNIQUES AND SELF-CONFIDENCE ON STUDENTS’ SPEAKING COMPETENCY. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2858
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)