Ekstrapolasi Konsep Bhinneka Tunggal Ika sebagai Doktrin Politik Kerajaan dalam Ranah Pendidikan

Authors

  • Mohammad Imam Farisi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4181

Abstract

Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah produk politik kerajaan/negara untuk membangun toleransi kehidupan beragama. Artikel ini menganalisis dan mendeskripsikan tentang pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam buku-buku teks Ilmu Pengetahuan So-sial Sekolah Dasar (IPS SD). Analisis menggunakan metode kualitatif interpretif yang menfokus-kan pada analisis isi “narasi-narasi tekstual” di dalam enam buku teks elektronik IPS SD kelas I-VI SD/MI yang telah dinilai dan ditetapkan kelayakannya oleh BSNP-Kemendikbud sebagai buku pegangan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku-buku teks IPS SD telah melakukan eks-trapolasi konseptual dan fungsional tentang Bhinneka Tunggal Ika pada aspek sosial, ekonomi, bu-daya, dan seni di dalam kehidupan personal, keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, dan negara-bangsa. Ia juga mampu mengubahnya dari sebuah doktrin politik kerajaan/kenegaraan menjadi se-buah doktrin pendidikan; dan dari konsep ‘ideologis’ untuk kepentingan dan tujuan politik kera-jaan/kenegaraan, menjadi konsep ‘pedagogis’ untuk kepentingan dan tujuan pendidikan kewarga-negaraan.

Downloads

How to Cite

Farisi, M. I. (2014). Ekstrapolasi Konsep Bhinneka Tunggal Ika sebagai Doktrin Politik Kerajaan dalam Ranah Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4181