Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Ha-sil Belajar Siswa SMK

Authors

  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4217

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk pembelajaran berupa bahan ajar multimedia berbasis proyek untuk siswa SMK jurusan multimedia. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Luther dan evaluasinya menggunakan model evaluasi formatif Dick, Carey, dan Carey (2005) yang meliputi uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Jumlah responden yang me-review bahan ajar yaitu tiga pakar, tiga siswa uji perorangan, 12 siswa uji ke-lompok kecil, 20 siswa dan satu guru uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar ditinjau dari aspek isi dan media isi sangat baik, aspek media komputer dan desain pem-belajaran baik, dan aspek uji siswa dan guru sangat baik. Uji efektivitas menun-jukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan setelah meng-gunakan bahan ajar multimedia. Tingkat keefektifan  yang dicapai adalah tinggi. Kategori tinggi dicapai karena pe-ngembangan bahan ajar dilandasi teori belajar, teori pembelajaran, dan teori komunikasi. Begitu pula penerapan bahan ajar menggunakan seting pembelajaran berbasis proyek.

Kata-kata Kunci: bahan ajar, multimedia, pembelajaran berbasis proyek

Downloads

How to Cite

Prabawa, D. G. A. P. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Ha-sil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4217