Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Isi Puisi

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Rustikawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4227

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  memahami isi puisi dan motivasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMAN 3 Denpasar sebanyak 40 orang. Objek penelitian adalah pemahaman isi puisi, dan motivasi siswa. Tindakan be-rupa penerapan model kooperatif STAD dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil pemahaman sis-wa terhadap sebuah puisi dikumpulkan malalui tes perorangan dan LKS secara kelompok. Data moti-vasi siswa dikumpulkan melalui observasi. Data dianalisis secara deskriptif-kuantitatif. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat maningkatkan kemampuan siswa memahami isi puisi dan motivasi siswa kelas X-4 SMAN 3 Denpasar. Ada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami puisi dari siklus 1 ke siklus II.

Kata-kata Kunci: kooperatif tipe STAD, memahami isi puisi, motivasi siswa

Downloads

How to Cite

Rustikawati, N. N. A. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Isi Puisi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4227