Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Isi Puisi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4227Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi puisi dan motivasi siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMAN 3 Denpasar sebanyak 40 orang. Objek penelitian adalah pemahaman isi puisi, dan motivasi siswa. Tindakan be-rupa penerapan model kooperatif STAD dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil pemahaman sis-wa terhadap sebuah puisi dikumpulkan malalui tes perorangan dan LKS secara kelompok. Data moti-vasi siswa dikumpulkan melalui observasi. Data dianalisis secara deskriptif-kuantitatif. Hasil peneli-tian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat maningkatkan kemampuan siswa memahami isi puisi dan motivasi siswa kelas X-4 SMAN 3 Denpasar. Ada peningkatan kemampuan siswa dalam memahami puisi dari siklus 1 ke siklus II.
Kata-kata Kunci: kooperatif tipe STAD, memahami isi puisi, motivasi siswaDownloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)