Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • D. A. E. Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • D. K. Tantra Universitas Pendidikan Ganesha
  • N. K. Wedhanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4864

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Singaraja. Subjek penelitian ini terdiri atas para siswa kelas VIII dan guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Analisa dilakukan terhadap RPP dan implementasinya untuk melihat bagaimana nilai-nilai karakter dimasukkan dalam pembelajaran keempat ketrampilan berbahasa. Nilai karakter yang dimaksud meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, kebangsaan, menghargai prestasi, ramah/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, berpikir logis, dan tanggung jawab. Instrumen yang dipakai adalah catatan lapangan, rekorder, dan panduan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru tidak memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam indikator dan penilaian. Namun, beberapa nilai karakter tersirat dalam langkah-langkah pembelajaran keempat ketrampilan berbahasa dan juga terlihat pada implementasinya di kelas.

Kata-kata Kunci: nilai-nilai karakter, pembelajaran bahasa inggris, pembelajaran karakter

Downloads

How to Cite

Agustini, D. A. E., Tantra, D. K., & Wedhanti, N. K. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2-3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4864