PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DAN VERIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9014Keywords:
Metode eksperimen, Pendekatan Inkuiri, Pendekatan Verifikasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman dan penerapan konsep serta kinerja ilmiah antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi serta pendekatan informatif (ceramah). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni yang menggunakan rancangan eksperimen randomized pretest-posttest control/comparison group desain dengan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sedayu. sampelnya yaitu 26 siswa dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing, 26 siswa dari kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran dengan pendekatan verifikasi serta kelas XI IPA 2 yang diberi pembelajaran dengan pendekatan informatif. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah One Way ANOVA yang dilanjutkan dengan analisis Post Hoc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang positif dan signifikan pada hasil belajar pemahaman dan penerapan konsep antara siswa yang diberi pembelajaran dengan metode eksperimen yang menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan verifikasi serta pendekatan informatif (ceramah), tetapi tidak ada perbedaan yang positif dan signifikan pada hasil belajar kinerja ilmiah siswa. Pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri terbimbing memiliki nilai rata-rata pemahaman dan penerapan konsep yang lebih baik dibandingkan kelompok yang menggunakan pendekatan verifikasi dan pendekatan informatif (ceramah).Downloads
Published
2016-12-11
How to Cite
Rismaningsih, F. (2016). PERBEDAAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DAN VERIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3), 98–108. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9014
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)