MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)

Authors

  • G.T.W. Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • S. Maryam Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56553

Keywords:

Gaya Belajar; Keterampilan Pemikiran Tingkat Tinggi; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI)dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS).Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negara, Tahun Ajaran 2017/2018 di semester genap sebanyak 9 kelas yang mengikuti mata pelajaran IPA. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling pada kelas. Kelas yang dipakai sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan VIII B sedangkan kelas VIII C dan VIII D dipakai sebagai kelas kontrol.Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif berupa analisis kovarian (ANAKOVA). Hasil analisis data menunjukan jikaketerampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe GI secara signfkanlebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model DI (Fhitung* (FA*) = 233,84 dan p = 0,0000). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan gaya belajar auditorial dengan visual tidak berbeda secara signfkan (∆µ = 0,148 dan p = 0,054). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan gaya belajar kinestetik lebih tinggi dengan gaya belajar visual (∆µ = 0,348 dan p = 0,014). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan gaya belajar kinestetik dengan auditorial tidak berbeda secara signfkan (∆µ = 0,200 dan p = 0,174).Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya belajarpada keterampilan berpikir tingkat tinggi (F(A×B)*= 5,261 dan p = 0,006).

References

Chinedu, C. C & Kamin, Y. 2015.Strategies for improving higher order thinking skills in teaching and learning of design and techonology education.Journal of Teachnical Education and Training (JTET). 2(7): 35-49. Tersedia pada www.ijet.net.Diakses 5 Desember 2017.

Dick, W., & Carey, L. 1996. The Systematic Design of Instruction.New York: Logman.

Halim, A. 2012. Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar pada hasil belajar fisika siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Lnilait. Jurnal tabularasa pps unimed. 9(2): 1-6. Tersedia pada www.googlescholar.com. Diakses 7 Desember 2017.

Heng, C. S & Ziguang, Y. 2015.Framework of assessment for the evaluation of thinking skills of tertiary level students.Australian International Academic Centre. 5(6): 1-6. Tersedia pada www.journals.aiac.org.Diakses 7 Desember 2017.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. 2013.Penyusunan instrumen tes kemampuan pemikiran tingkat tinggi Fisika pada siswa SMP.Jurnal Pendidikan Fisika. 2(1): 17-22. Tersedia pada jurnal.fkip.uns.ac.id.Diakses 8 Desember 2017.

Sadia, I W. 2014.Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Safrianti, S. D. 2017. Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada hasil belajar siswa kelas X IPA program unggulan di MAN 1 Kota Malang. Jurnal Kependidikan. 3(2).Tersedia pada https://ejurnal.uim.ac.id.Diakses 22 Pebruari 2020.

Santyasa, I W. 2014.Asesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Slavin, R. E. 2006. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Terjemahan oleh Marianto Samosir. 2009. Jakarta: PT. Indeks.

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Terjemahan oleh Marianto Samosir. 2009. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, D. F., Hamidah, I., Setiawan, A. 2014.Physics of learning strategy to train critical and creative thinking skills.International Journal of Science and Research.3(11).Tersedia padawww.ijsr.net.Diakses 25 Maret 2018.

Zakiyah, L. 2016. Keefektifan model pembelajaran group investigationpada hasil belajar IPA materi cahaya siswa kelas V SDN Gugus Wisang Geni Kota Semarang.Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.6(1). Tersedia pada http://ojs.uunnes.ac.id.Diakses 21 Pebruari 2020.

Downloads

Published

2022-12-31