PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENURUNAN MISKONSEPSI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGENAI MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

Authors

  • N.M.S.B.K. Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Karyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v14i2.81850

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tabanan dengan populasi sebanyak 378 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling terhadap kelas sehingga diperoleh satu kelas eksperimen (VIII F) dan satu kelas kontrol (VIII I). Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran multirepresentasi dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes penguasaan konsep. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan hipotesis diuji dengan teknik Manova. Hasil gain score ternormalisasi penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran multirepresentasi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi dan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan penurunan miskonsepsi pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat perbedaan penguasaan konsep pada materi cahaya dan alat optik antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran multirepresentasi dan pembelajaran konvensional.

References

Ainsworth, S. (2020). The Educational Value of Multiple-representations when Learning Complex Scientific Concepts. Visualization: Theory and Practice in Science Education, 191–208. https://doi.org/10.4324/9781315105840-34

Hasancebi, Y., Funda, Gunel, & Murat. (2013). College Students’ Perceptions toward the Multi Modal Representations and Instruction of Representations in Learning Modern Physics. Eurasian Journal of Educational Research, 53, 197–214. https://doi.org/10.14689/ejer.2013.53.11

Irsyad, M., & Linuwih, S. (2018). Learning Cycle 7e Model-Based Multiple Representation to Reduce Misconseption of the Student on Heat Theme. Jise, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.15294/jise.v7i1.22529

Kohl, P. B., Rosengrant, D., & Finkelstein, N. D. (2007). Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.3.010108

Mahardika, I. K. (2016). Penggunaan Pendekatan Multirepresentasi dengan Setting Quantum Teaching dalam Pembelajaran Gerak Melingkar dan Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Fisika. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2016“Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era MEA,” 1, 545–554. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3625

Sadia, I W. 2014. Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Graha Ilmu.

Suhandi, A., & Wibowo, F. C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 1–7. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1988

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan perubahan konsep pendidikan fisika.Grasindo.

Taşlıdere, E. (2013). Effect of Conceptual Change Oriented Instruction on Students’ Conceptual Understanding and Decreasing Their Misconceptions in DC Electric Circuits. Creative Education, 04(04), 273–282. https://doi.org/10.4236/ce.2013.44041

Verlina, A., Ertikanto, A., Wahyudi, C. & Ismu. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Hukum Gravitasi Newton Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 82–93. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201808

Downloads

Published

2024-08-31