ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM JARINGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • G.A.P.D. Anggayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • K. Suma Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.M. Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60894

Keywords:

Kesiapan Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesiapan belajar siswa pada pembelajaran IPA dalam jaringan di SMP Negeri 3 Sawan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 676 siswa. Dari populasi itu, 251 orang siswa ditetapkan sebagai sampel yang diambil dengan teknik startifed proportional sampling. Data tentang kesiapan belajar siswa dalam jaringan dikumpukan dengan angket kesiapan belajar dalam daring. Data tentang kesiapan belajar siswa dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif dengan metode suksesif interval (MSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kesiapan belajar siswa dalam jaringan adalah 3.40 sampai dengan 4.03 yang berada dalam kategori SIAP. Hal ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 3 Sawan memiliki kesiapan belajar dalam pembelajaran IPA secara daring, namun memerlukan sedikit peningkatan pada setiap aspek kesiapan belajar daring.

References

Astuti, L. S., & Novita, D. 2021. Analisis Kesiapan Penerapan E-Learning Pada Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Tangerang . Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK). 5(1):870:876.

Chung, E., Noor, N. M., & Mathew, V. N. 2020. Are You Ready? An Assessment of Online Learning Readiness among University Students. International Journal Of Academic Research in Progressive Education & Development. 9(1): 301-31.

Firat, M. 2020. Variables Affecting Online Learning Readiness in An Open and Distance Learning University. Edcational Media Internasional. 00(00):1-16.

Hung, M.L., Chou, C.H., & Own, Z. Y. 2010. Learner Readiness for Online Learning: Scale Development and Student Perceptions. Computers & Education. 55(3):1080-1090.

Kayaoglu, M. N., & Akbas, R. D. 2016. Online Learning Readiness: A Cass Study in the Field of English for Medical Purposes. 4: 212-220.

Kumar, Dr. S. P. 2021. Impact of Online Learning Readiness on Students Satisfaction in Higher Educational Institutions. Journal of Engineering Education Transformations. 34: 65-70.

Loviana, S., & Baskara, W. N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika Iain Metro Lampung. Jurnal Epsilon. 1(2):61-70.

Rosemberg, M. J. 2001. E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies.

Sandikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2):214-224.

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. 2020. Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-Learning Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan. 6(1).

Sodiq. D., Hotmauli, M., & Jannah, R. 2021. Kesiapan Pembelajaran Daring Perspektif Geografis. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. 7(1):101-113.

Suwarsono, L. W. 2015. Pengukuran E-Learning Pada Mahasiswa Teknik Universitas Telkom. Jurnal Ilmiah Psikologi. 2(2):141-152.

Downloads

Published

2023-04-26

Most read articles by the same author(s)