Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Papan Bilangan terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.77201Keywords:
TGT, Media Konkret, Kompetensi pengetahuan matematikaAbstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih diannggap sulit oleh siswa. Siswa sulit memahami konsep matematika yang abstrak. Guru tidak menggunakan model ataupun media pembelajara yang sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media papan bilangan terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas. IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan ranangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 386 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang memperoleh sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan rumus anakova. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Papan Bilangan dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan media Papan Bilangan. Implikasi penelitian ini yaitu peningkatan partisipasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan membangun keterampilan sosial seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerjasama.
References
Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Jurnal Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 27.
Arifin. (2022). Kurikulum Dan Implementasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Peluang Menuju Progam Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 10(1).
Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825.
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17.
Ayu Wulandari, C., Rahmaniati, R., & Hikmah Kartini, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament: Improving Collaboration Skills and Learning Outcomes Using Teams Games Tournament Learning Models. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.2331.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1).
Fadhilah, N., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. L. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 37–47. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17687.
Fauzan, A., & Nurahayu, F. J. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SekolahDasar Negeri Sukamandi VII. SINAU: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 1–23. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i1.23.
Fitriani, F., & Kowiyah. (2022). Mathematics Critical Thinking Skills for The Third Grade Elementary School Students on Fractions Material. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 463–468. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.48741.
Fransiska, A., Prasetyo, E., & Jufriansah, A. (2021). Desain LKPD Fisika Terintegrasi HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 153–158. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3098.
Hendra, Y., & Rahayu, T. (2021). The Effectiveness of Teams Games Tournament (TGT) and Make A Match Learning Models on Collaboration Ability in Science Learning - Meta-Analysis. International Journal of Elementary Education, 4(4), 510–518. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.30205.
Jayadiningrat, M. G., Widiana, I. W., Tria Ariani, N. W., & Widiani, N. K. (2022). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) DAN Penilaian Autentik terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 394–402. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.50268.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.
Ma’aruf, M., Setiawan, A., & Suhandi, A. (2019). Identification of Android-Based Interactive Multimedia Needs for Basic Physics Content. The 2nd International Conference on Science, Mathematics, Environment, and Education. https://doi.org/10.1063/1.5139792.
Mailani, E., & Hareza, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Papan Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Perkalian Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5717–5728. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4122.
Mazhar, H. A., & Priambodo, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT terhadap Kerja Sama dan Hasil Belajar Lay-Up Shoot. Jurnal Basicedu, 7(3), 1893–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5828.
Mega, A. M. P., & Faisal Madani. (2023). Analisisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 778–788. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5659.
Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914.
Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252.
Mudita, I. K. A., Semara Putra, D. K. N., & Sujana, I. W. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penguasaan Kompetensi Inti Pengetahuan Ips Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 36. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17408.
Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20.
Ningsih, B. S., Darmanto, E., & Sumaji, S. (2022). Pengaruh Self-Regulation Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7487.
Nurcahyono, A. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.
Nurmalasari, W. (2023). Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 30–43. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.488.
Perdana, R. P., Supriatna, E., Yanti, N., & Suryadi, D. (2023). Team Game Tournament (TGT)-type cooperative learning model: How does it affect the learning outcomes of football shooting? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(1), 86–96. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620.
Pramudya, P. A., & Safrul, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8131–8138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749.
Prasetya, I. W. S., & Agustika, G. N. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Wordwall: Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/iji.v4i3.63393.
Rafiq, A. A., Triyono, M. B., Djatmiko, I. W., Wardani, R., & Köhler, T. (2023). Mapping the Evolution of Computational Thinking in Education: A Bibliometrics Analysis of Scopus Database from 1987 to 2023. Informatics in Education, 00(00), 1–33. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.29.
Sunaryo, S., Asikin, M., & Kustiono, K. (2022). Development of Pan Obibul (Papan Operasi Bilangan Bulat) Media to Improve Mathematic Higher Order Thinking Skills of Elementary Students in Problem Based Learning Model. Journal of Primary Education, 11(1), 14–26. https://doi.org/10.15294/JPE.V11I1.55081.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Made Ari Setyawati, Ida Bagus Gede Surya Abadi, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)