PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

Authors

  • I Luh Via Vanellia Dharma Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Suardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21916

Keywords:

model problem based learning, model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 304 orang yang tersebar ke dalam 11 kelas. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu siswa kelas VIIB 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model PBL dan siswa kelas VIIB 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model kooperatif tipe STAD. Objek penelitian adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dengan metode tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis ANAKOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut sebesar 73,73 dan 68,93.

References

Apriyani, N. H. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Pokok Protista. Skripsi: Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Astika, K U, I K Suma, I W Suastra. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3 tahun 2013. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/81 (diakses pada tanggal 15 November 2017).

Candiasa, I M. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, N. Riandi. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. EDUSAINS, 8 (1), 2016, 98-107. Tersedia pada http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1805 (diakses pada tanggal 08 Juli 2018)

Dewi, S.R, I Made Citra Wibawa, Ni Luh Pande Latria Devi. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Siklus Belajar 7e Berbasis Kearifan Lokal. 6(1). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9476 (diakses pada tanggal 8 januari 2018).

Diana, N. Puguh Karyanto, Suciati, Indriyati. 2015. Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. SP-005-2. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/176152-ID-none.pdf (diakses pada tanggal 08 Juli 2018).

Hartati, R, Hayat Solihin. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Tersedia pada http://www.academia.edu/29127135 (diakses pada tanggal 20 Desember 2017).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kelas VII Semester 2 – edisi revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kono, R. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem Dan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako, Dosen Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5(1), hlm 28-38. Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/download/6958/5595 (diakses pada tanggal 15 Desember 2017).

Litbang Kemendikbud. 2015. Survei International Programme for International Student Assessment (PISA). Tersedia pada http://litbang.kemdikbud.go.id/index. php/survei-internasional-pisa (diakses pada tanggal 17 Desember 2017)

Martin, O. M, Ina V. S. Mullis, Pieree Foy, Martin Hooper. 2015. International Results in Science. Tersedia pada http : // timssandpirls . bc . edu / timss2015 / international –results / wp –content / uploads / filebase / full%20pdfs / T15 –International – Results – in –Science – Grade – 8 . pdf (diakses pada tanggal 1 Juli 2018).

Oktiningrum, W. 2014. Evaluasi Ujian Nasional (UN), PISA dan TIMSS. Jakarta: Sampoerna Foundation. http://news.detik.com/read/2013/12/12/010409/2439467/158/1/mendikbud-survei-pisa-makin-memperkuat-pentingnya-kurikulum-2013 (diunduh tanggal 06 Juni 2018).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Redhana, I W. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha. Cakrawala Pendidikan, november 2012, th. XXXI, no. 3. Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1136 (diakses pada tanggal 17 Desember 2017).

Redhana, I W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2): 141–148. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1721 (diakses pada tanggal 20 Desember 2017).

Suardana, I. N, I Nyoman Selamet. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Di Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional MIPA. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/2800 (diakses pada tanggal 20 Desember 2017).

Tenggarudin. 2016. Strategi Pelatihan Guru dan Siswa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Lesson Study untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference, (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 381-387. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/173827-ID-strategi-pelatihan-guru-dan-siswa-model.pdf. (diakses pada tanggal 14 Juni 2018)

Trochim, W M. K, Donnelly J P. 2006. The Research Methods Knowledge Base. Third Edition. Connel University.

Ullynuha, L. 2015. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 7 No 1. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/118169-ID-none.pdf. (diakses pada tanggal 29 Juni 2018).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yudhitya, L, Tri Jalmo, Rini Rita Marpaung. 2015. Pengaruh Model PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3 (9) (2015). Tersedia pada http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9731 (diakses pada tanggal 17 Desember 2017).

Zubaidah, S.2015. Assesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Proceeding Symposium on Biology Education hal 200 ISBN: 978-602-72412-0-6.

Downloads

Published

2019-11-22