Analisis Karakteristik E-Modul Interaktif Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Canva dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsi.v7i2.84975Kata Kunci:
E-Modul Interaktif, Canva, Pembelajaran IPA SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik media pembelajaran e-modul interaktif berbasis web menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data kualitatif yang dikumpulkan berupa kajian terperinci terkait karakteristik e-modul, Teknik pembuatan produk, dan implementasi produk pada pembelajaran IPA SMP. Instrumen penelitian meliputi angket, panduan wawancara, dan lembar observasi. Angket melibatkan guru IPA SMP guna menggali pengetahuan tentang aplikasi canva, Wawancara melibatkan interaksi langsung antara peneliti dan guru dan siswa mata pelajaran IPA SMP SMP untuk mendapatkan data berupa pengalaman dan persepsi terhadap karakteristik e-modul, sedangkan observasi melibatkan pengamatan langsung terhadap fitur-fitur e-modul. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, analisis data dan deskripsi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) teknik pembuatan e-modul interaktif berbasis web menggunakan aplikasi canva ini memanfaatkan fitur utama yakni embed dan share link, 2) E-modul interaktif berbasis web telah memenuhi kriteria ditinjau dari aspek materi, desain dan media. 3) e-modul interaktif berbasis web ini dapat diimplementasikan sebagai penunjang pembelajaran direct instruction maupun flipped classroom. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu e-modul berbasis web menggunakan aplikasi canva memiliki karakteristik yang dapat menunjang metode direct instruction maupun flipped classroom dalam pembelajaran IPA SMP.
Referensi
Arifin, A. H., Pratiwi, W. R., Andriyansah, A., & Sultan, Z. 2024. Peningkatan kreativitas guru PAUD di kota tangerang dalam membuat media pembelajaran berbasis canva. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(1), 151-157. doi: 10.31004/jh.v4i1.571
Arijumiati, R., Istiningsih, S., & Setiawan, H. 2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru pada Masa Pandemi di SDN 1 Lajut Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 698-704. doi: 10.29303/jipp.v6i4.320
Creswell, J. W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th Edition). Sage Publications.
Ekpe, B. N., & Wekpe, I. M. 2022. Interactivity and Ecomedia in the Digital Age. Interactive Film & Media. 3(1). 2564-4173. doi: 10.32920/ifmj.v3i1.1696
Fatihah, W., & Ruhiat, Y. 2023. Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan Asam-Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57-61. doi: 10.15294/jipk.v17i1.36674
Hafid, A., Sudirman, H., & Nerwina, N. 2024. Pengaruh Apersepsi Fun Story Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 216 Talungeng Kabupaten Bone. Global Science Education Journal, 6(1), 120-129. doi: 10.26858/ges.v6i1.1790
Herliana, S., & Anugraheni, I. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314-326. doi: 10.31004/basicedu.v4i2.346
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046-1052. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.843
Lyanda, D., Halim, R. N., & Syakti, F. 2023. Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Tata Surya Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 528-533. doi: doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1037
Maisarah, Ayudia, I., Mulyani, & Prasetya, C. 2023. Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA SMP di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48-59. doi: doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Marjuni, A., & Harun, H. 2019. Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 194. doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10015
Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. 2020. Desain pembelajaran matematika berbasis gamifikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291. doi: 10.33603/jnpm.v4i2.3877
Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. 2023. Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140-147. doi: 10.33603/jnpm.v4i2.3877
Rahmawati, L., Suharni, S., Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. 2024. Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 129-136. doi: 10.31004/cdj.v5i1.24151
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265-7274. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3470
Rijal, A. S. 2020. Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kreativitas guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(1), 81-96. doi: 10.32884/ideas.v6i1.238
Restiana, R., Barlian, U. C., Nurjanah, S., & Suminar, W. 2023. Model flipped classroom dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa SD Ibnu Sina. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 648-658. doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.650
Sahempa, S., Togas, P. V., & Palilingan, V. R. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Direct instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(1), 1-12. doi: 10.53682/edutik.v1i1.922
Savitri, O., & Meilana, S. F. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA SMP Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242-7249. 10.31004/basicedu.v6i4.3457
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. 2022. Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2909
Oktarina, Rahmi, Ambiyar Ambiyar, M. Giatman, Fadhilah Fadhilah, Mukhlidi Muskhir, and Hansi Effendi. "The effect of the use of multimedia flip book with the flipped classroom approach in vocational school." Journal of Education Technology 5, no. 1 (2021): 159-166. doi: doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bartolomeus Kristi Brahmantia Putra, Ni Made Pujani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.