Pembuatan Trainer AC Split Sebagai Media Praktikum Pada Laboratorium Teknik Pendingin Undiksha

Authors

  • Arif Trihartanto Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v10i1.42863

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media praktikum berupa trainer AC split untuk memenuhi kegiatan praktikum teknik pendingin di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Undiksha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media praktikum yang memiliki kualitas baik dan layak digunakan. Kegiatan diawali dengan perancangan trainer AC yang kemudian diimplementasikan pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D) model pembelajaran Lee & Owens. Sampel penelitian ini menggunakan kelompok kecil dengan jumlah mahasiswa sebanyak 6 orang konsentrasi teknik pendingin. Penilaian media praktikum trainer AC split dilakukan oleh ahli materi, ahli media, serta mahasiswa. Dari validasi dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 52,5 atau 87,5%. Validasi ahli dua ahli media memperoleh skor rata-rata 53 atau 88,33%, dan ujicoba mahasiswa memperoleh skor rata-rata 296 atau 89,70% dengan kategori semua skor tersebut adalah sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media praktikum trainer AC split ini dapat diterima oleh mahasiswa dengan kriteria sangat layak untuk digunakan.  

Kata kunci: media praktikum; trainer AC split

 This research is the development of practicum media in the form of a split AC trainer to fulfill refrigeration engineering practicum activities in the Undiksha Mechanical Engineering Education Study Program. The purpose of this research is to produce practicum media that have good quality and are suitable for use. The activity begins with the design of an AC trainer which is then implemented on students. The type of research used is research and development (R&D) Lee & Owens learning model. The sample of this study used a small group with a total of 6 students concentrating on cooling techniques. The assessment of the AC split trainer practicum media was carried out by material experts, media experts, and students. From the validation of two material experts obtained an average score of 52.5 or 87.5%. Expert validation of two media experts obtained an average score of 53 or 88.33%, and student trials obtained an average score of 296 or 89.70% with the category of all scores being very feasible. So it can be concluded that the AC split trainer practicum media can be accepted by students with very feasible criteria for use.

Keywords : practicum media; split AC trainer

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Akbar, Taufiq Nuril. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 No. 6 Halaman: 1120 – 1126.

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171

Bengi, N. I. (2021). Tahapan-Tahapan Dalam Proses Pengembangan Koleksi. Jurnal Adabiya, 23(1), 1–19.

Diks, M E. (2002). Pengetahuan Praktis Teknik Pendingin Dan Reparasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Elisa, Edi., dkk. (2021). Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Proses Sains Mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(2), 55-61. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i2.11243

Mustabsyirah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Video Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI IPA MAN 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. [Skripsi]. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Nursusanto, Usman. (2016). Pengembangan AC Trainer Sebagai Media Pembelajaran Sistem Instalasi Tata Udara Siswa Kelas XI SMK N 1 Magelang. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Primayudi, I.B.K.K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Kemudi Dan Power Steering Menggunakan Autoplay Media Studio. [Skripsi]. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadiman, Arif S., dkk. (2005). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan) : Jakarta: PT Jakarta Gravindo

Setyawan, Totok. (2020). Pengembangan Alat Peraga Lemari Pendingin Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Perancangan Sistem Refrigerasi. [Skripsi]. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Satria, A., & Yuhendri, M. (2021). Analisis Kelengkapan Peralatan Praktek Dasar Listrik Elektronika di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(01), 32–36. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/66

Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis Sarana Dan Prasarana Laboratorium Biologi Dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas Xi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109–115. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.1014

Wibawa, I. G. P., Ratnaya, I. G., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Air Conditioner ( Ac ) Split Pada Mata Kuliah Teknik Pendingin. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23652

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles