Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif Sub Pokok Alat-Alat Tangan (Handtools) Bagi Siswa Smk
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada materi dasar-dasar otomotif sub pokok alat-alat tangan (handtool’s) bagi siswa SMK. Penelitian pengembangan ini, berpedoman pada model pengembangan 4D (define, design, development, deseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuesioner (angket). Untuk mengukur tingkat validitas dan kepraktisan media audio visual berbasis powtoon digunakan adalah rating scale.Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk memperoleh rata-rata dengan menggunakan rumus presentase. Yang menjadi subjek penelitian adalah ahli materi , ahli media, dan siswa kelas XII TKRO SMK Negeri 3 Singaraja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis powtoon pada materi dasar-dasar otomotif sub pokok alat-alat tangan (handtool’s) bagi siswa SMK dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dengan presentase 87% dan ahli media dengan presentase 91,3%. Sedangkan untuk tingkat kepraktisanya dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji kelompok kecil dengan presentase 95,6% dan uji kelompok besar dengan presentase 89,6%, sehingga media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan.
Kata kunci: audio visual, media pembelajaran, powtoon
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.