Pengaruh Variasi Diameter Pegas Sentrifugal Kampas Kopling Ganda Terhadap Performansi Sepeda Motor Dengan Sistem Tranmisi CVT

Effect Of Variations In The Diameter Of The Double-Clutch Lining Centrifugal Spring On Motorcycle Performance With Cvt Transmission System

Penulis

  • I putu Arya Wiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Widayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I gede Wiratmaja Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v11i2.59593

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran perbedaan daya mesin menggunakan pegas sentrifugal dengan diameter 10 mm ,11 mm, 12 mm pada kendaraan sepeda motor dengan sistem transmisi continuously variable transmission. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kausal atau hubungan sebab akibat. Pengambilan data bertempat di SMK PGRI 2 Badung, Pengulangan pengujian dilakukan sebanyak 20 kali pada setiap variasi menggunakan alat ukur dynotest dengan menghidupkan kendaraan untuk mengetahui daya  mesin yang dihasilkan pada putaran mesin 3000 rpm sampai 5000 rpm. Setelah melakukan proses pengujian maka didapatkan hasil penggambaran perbedaan daya mesin menggunakan pegas sentrifugal diameter 10 mm (variasi 1), 11 mm (standar), 12 mm (variasi 2). Setiap variasi memperoleh daya mesin tertinggi pada putaran mesin 4000 rpm. Daya mesin tertinggi diperoleh sebesar 7,5 HP menggunakan pegas sentrifugal dengan diameter 12 mm. Kemudian diperoleh sebesar 7,4 HP menggunakan pegas sentrifugal dengan diameter 11 mm. Selanjutnya diperoleh 7,3 HP menggunakan pegas sentrifugal dengan diameter 10 mm. Presentase peningkatan dan penurunan  daya mesin antara pegas sentrifugal standar dengan variasi 2 mengalami peningkatan sebanya 1,4% dan penurunan daya mesin antara pegas sentrifugal standar dengan variasi 1 sebanyak 1,4%.

 

Kata kunci: Transmisi, Pegas Sentrifugal, Daya Mesin

Diterbitkan

2023-08-31

Terbitan

Bagian

Articles