Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis WEB Pada Materi Sistem Pengereman Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan
Development of WEB-Based Interactive Learning Media on Braking System Material to Increase Student Motivation in Vocational High Schools
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptm.v11i2.63929Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat kepraktisan media sistem pengereman berbasis web serta untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran materi sistem pengereman menggunakan media pembelajaran berbasis web pada materi sistem pengereman. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi dan 2 ahli media. Uji coba lapangan pada penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Negeri Bali Mandara dengan kelompok penelitian yang terdiri dari kelompok kecil berjumlah 15 orang sedangkan kelompok besar berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian terdiri dari angket ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil pengolahan data, dari pengujian ahli materi diperoleh persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, dari ahli media sebesar 91,5% dengan kriteria sangat layak, sementara itu pada pengujian kepraktisan media, dari hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 92,21% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji kelompok besar mendapatkan hasil dengan kriteria sangat praktis dilihat dari nilai persentase sebesar 91,95%. Selanjutnya, dari hasil pengujian motivasi belajar, diperoleh persentase sebesar 87,94% yang menunjukkan motivasi belajar siswa sangat tinggi. Demikian media pembelajaran interatif berbasis web materi sistem pengereman dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah SMK Negeri Bali Mandara.
Kata kunci:Media; Motivasi; Interaktif; Pengereman; WEB
Abstract
This study aims to determine the level of feasibility and practicality of web-based braking system media and to determine student motivation in learning braking system material using web-based learning media on braking system material. This research is included in the type of research and development (R&D) using the 4D model which consists of defining, planning, developing and disseminating. The subjects in this study were 2 material experts and 2 media experts. The field trial in this study was conducted at SMK Negeri Bali Mandara school with a research group consisting of a small group of 15 people while the large group amounted to 30 people. The research instrument consists of a questionnaire for media experts, material experts and field trials. Based on the results of data processing, from the material expert test, a percentage of 88% was obtained with very feasible criteria, from the media expert of 91.5% with very feasible criteria, while in testing the practicality of the media, from the results of the small group test, a percentage of 92.21% was obtained with very practical criteria and the results of the large group test obtained results with very practical criteria seen from the percentage value of 91.95%. Furthermore, from the results of testing learning motivation, a percentage of 87.94% was obtained which showed that student learning motivation was very high. Thus, web-based interactive learning media on braking system material can be used in learning at SMK Negeri Bali Mandara.
Keywords : Breaking, Media, Motivation, Interactive, WEB
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.