Perancangan E-Modul Workshop Equipment Sebagai Media Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Designing E-Module Workshop Equipment as Media for Learning Basic Jobs Automotive Engineering

Penulis

  • Ayu Nurjanah Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Indonesia
  • Islami Fatwa Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptm.v12i2.82864

Kata Kunci:

E-modul; Research And Development (R&D); Workshop Equipment

Abstrak

Penelitian ini adalah studi pengembangan, biasanya disebut sebagai Penelitian dan Pengembangan (R&D), yang menggunakan bantuan flip builder atau aplikasi profesional flip pdf untuk mengembangkan e-modul yang bertujuan untuk Mengetahui perancangan e-modul Workshop Equipment Sebagai media pembelajaran SMK Negeri 4 Lhokseumawe serta Menguji tingkat kelayakan e-modul Peralatan Bengkel Sebagai Media Pembelajaran SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif, karena jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah Siswa dan e-modul yang digunakan dalam pembelajaran pekerjaan dasar teknik peralatan bengkel material otomotif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi serta menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, analisis yaitu menyajikan hasil rencana produk dalam bentuk e-modul, angket kelayakan, dan keterampilan produk untuk diimplementasikan pada material peralatan bengkel . Hasil analisis didasarkan pada lembar validasi ahli dan lembar respon pendidik.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu untuk hasil validasi media persentase yang didapat sebesar 86% dengan predikat “sangat layak”. Hasil uji materi oleh validator ahli didapat rata-rata hasil sebesar 93% dengan predikat “sangat layak”. hasil validitas angket sebanyak oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 82% dengan predikat “cukup layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran e-modul pada pembelajaran pekerjaan dasar Teknik otomotif di kelas X TKR di SMKN 4 Lhokseumawe layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : E-modul , Penelitian dan Pengembangan (R&D), Peralatan Bengkel

Referensi

Andani, I. H. A., Chotimah, C., & Umardiyah, F. (2024). Pengembangan E-Modul Materi Hormat Dan Patuh Kepada Orang Tua Dan Guru Sebagai Penguatan Literasi Digital SISWA Icha. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 520–533.

Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 84–96. https://doi.org/10.36706/jc.v11i1.16047

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.

Ismail, R. (2022). Partisipasi Dunia Usaha Dunia Industri Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Se Kota Gorontalo. Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i1.22

Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan Kepraktisan E-Modul berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume, 10(2), 157–166. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p157-166

Kumala, D., Saad, S., Hasan, E., Mardius, T. A., Sari, P., Toyib, M. I., & Supriatal, supriatal. (2022). Pelatihan Digital Marketing Pada Unit Produksi Di SMK Bina Mandiri Digital Marketing Training In Production Units At SMK Bina Mandiri. JAMIN : JURNAL ABDI MASYARAKAT ILMU PEMERINTAHAN, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.31764/jamin.v1i2.7754

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Laia, E. (2023). Analisis Struktur Teks Laporan Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Susua Tahun Pelajaran 2021/2022. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13–23. https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i2.848

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan : Penting dan Genting ! Journal Of Information Systems And Management, 02(05), 31–35. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.483

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org /10.5281/ zenodo.6629984

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Multi Disiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343–348. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612

Ryandika, A., Rabiman, R., & Purnomo, S. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Pengecatan Bodi Pada Smk Program Keahlian Teknik Bodi Otomotif. Pendidikan Vokasi Otomotif, 6, 29–38. https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i2.70529

Sakdiah, H., Fatwa, I., Muliani, M., Andriani, R., & Hidayat, A. T. (2023). Sosialisasi Budaya Kerja Industri Sebagai Upaya Penguatan Kompetensi Dasar Siswa SMK Negeri 7 Lhokseumawe. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 208–217. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15086

Sinaga, N. A., Mahmuzah, R., Elisyah, N., & Fatwa, I. (2024). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Berbasis IT sebagai Media Belajar pada Guru SMA Negeri 1 Dewantara. Pengabdian Pendidikan Sejarah FKIP no Universitas Jambi, 3(1), 46–53. https://doi. org /10. 22437/ est.v3i1.32673

Sudharmono, A., Sumarna, C., Widiantari, D., & Lesmana, T. (2022). Manajemen Kerja Sama Industri Dunia Usaha Dan Dunia Kerja Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Smks Cendekia Wanasari Kabupaten INDRAMAYU. Edulead : Journal of Education Management, 4, 55–75. https://doi.org/10.47453/edulead.v4i1.1518

Syamsiani, S. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274

Tantaruna, J. E. (2019). Pengembangan e-Modul Elektrokimia Terintegrasi Lingkungan Berbasis Kontekstual untuk SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif. Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.21009/JRPK.101.03

Viani, Y. O., & Mulbasari, A. S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 95–107. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1108

Zohriah, A., Faujiah, H., Adnan, A., & Nafis Badri, M. S. M. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 704–713. https: //doi. org/10. 47467/ jdi.v5i3.4081

Diterbitkan

2024-08-31

Terbitan

Bagian

Articles