Pengaruh Social Media Marketing, Word of Mouth dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Dana Iswara Dulang
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.49918Keywords:
desain produk, keputusan pembelian, social media marketing, word of mouthAbstract
Penelitian ini bertujuan guna menguji bagaimana dampak antara social media marketing, word of mouth dan desain produk bagi keputusan pembelian konsumen di Dana Iswara Dulang. Pada penelitian ini mempergunakan rancangan penelitian kuantitatif kausal yang menjadikan konsumen di Dana Iswara Dulang sebagai subjek penelitian, social media marketing, word of mouth dan desain produk sebagai objek penelitian. Adapun banyaknya sampel yang dipakai yaitu sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik sampling insidental. Dengan pengumpulan data mempergunakan teknik kuesioner kemudian dianalisis memakai metode regresi linier berganda. Adapun luaran dari penelitian ini yaitu : (1) social media marketing, word of mouth dan desain produk berdampak positif dan signifikan bagi keputusan pembelian konsumen di Dana Iswara Dulang, (2) sosial media berdampak positif dan signifikan bagi keputusan pembelian konsumen di Dana Iswara Dulang, (3) word of mouth berdampak positif dan signifikan bagi keputusan pembelian konsumen di Dana Iswara Dulang dan (4) desain produk berdampak positif dan signifikan bagi keputusan pembelian konsumen di Dana Iswara Dulang
References
Erlangga, et al. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunelius, Susan. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.
Hasan, A. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Media Pressindo. Yogyakarta.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71-85.
Julianti, dkk. (2020) Pengaruh Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Baso Aci Akang Citra Raya Tangerang. Prologia EISSN 2598-0777 Vol. 4, No. 1, Maret 2020, Hal 75–81
Kemenprin. (2019, Desember 30). Kemenprin Pacu Pertumbuhan IKM untuk Menjadi Tulang Punggung Perekonomian Nasional. Diakses pada 20 September 2021, dari Kemenprin. https://kemenperin.go.id/artikel/21335/Kemenperin-Pacu-Pertumbuhan-IKM-untuk-Menjadi-Tulang-Punggung-Perekonomian-Nasional.
Khoirul, dkk. (2020). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store di Surabaya. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Mileva, L., & Fauzi DH, A. (2018). Pengaruh Social media marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 181-189.
Robertz, M. L., & Zahay, D. (2015). Internet marketing: Integrating online and offline strategies. Cengage Learning.
Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan. (2020). Perilaku Konsumen, Edisi Kedua. Bogor: Ghaila Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putri, C. K. (2019). Pengaruh Desain Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lengan Pendek di Distro Destroyer Bandung. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 389-396.