Peran Brand Image Memediasi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome di Datel Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.50173Kata Kunci:
brand image, keputusan pembelian, word of mouthAbstrak
Tujuan penelitian yaitu memeriksa pengaruh (1) word of mouth terhadap pernyataan pembelian, (2) brand image terhadap pernyataan pembelian, (3) word of mouth terhadap brand image (4) word of mouth terhadap pernyataan pembelian melintas brand image di Datel Singaraja. Desain pemeriksaan mengabdikan kuantitatif kausal. Subjek pemeriksaan ini yaitu pemakai Indihome di Datel Singaraja. Objek bagian dalam pemeriksaan ini berfokus dekat penyebab word of mouth, brand image, dan pernyataan pembelian. Sampel yang digunakan bagian dalam pemeriksaan ini berjumlah 100 narasumber. Menggunakan alat purposive random sampling. Pengumpulan petunjuk menunggangi daftar pertanyaan yang dianalisis tambah diskusi jalur. Perolehan hasil pemeriksaan yaitu (1) word of mouth berpunya lukisan dan berarti terhadap pernyataan pembelian, (2) brand image berpunya lukisan dan berarti terhadap pernyataan pe mbelian, (3) word of mouth berpunya lukisan dan berarti terhadap brand image (4) word of mouth berpunya lukisan dan berarti terhadap pernyataan pembelian melintas brand image.
Referensi
Arianty, dan Andira. 2021. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol 4. No 1.
Hasan, dan Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth Marketing). Media pressindo. Yogyakatra.
Lestari. 2019. Pengeruh Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sambalado di Setu Cimuning.
Lukiana. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemakaian Jasa Indihome di Lumajang. Global. Vol 02, No. 02.
Maisam, dan Mahsa. 2016. Positive word of mouth marketing: explaining the role of value congruity and brand love. Journal of competitiveness. 8(1), (19-37).
Nisa, Nur Rohmatun, Dkk. 2019. Pengaruh Brand Iamge dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen GrabCar Mahasiswa Fakiltas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang). Jiagabi. Vol. 8, No. 1, Januari 2019 (Hal. 59-66).
Nugroho, dkk. 2018. Pengaruh atribut produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian jurnal administrasi bisnis (JAB). 55 (1), Hal. 125-131
Paramasthin, dkk. 2019. Pengeruh Word of mouth Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Brand Image Pada Escalier Bali. Universitas Dhiana Pura Bali
Purnama, D.R. 2019. Pengaruh Citra Merek, Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Wakul Suroboyo. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 8, Nomor 5. 2019.
Rozika, dkk. 2021, Analisis Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Indihome pada Pt Telkom Kandatel Metro Tahun 2021 (Studi Kasus Pada Pengguna Indihome di Kota Metro) e-Proceeding Of Applied Science : Vol.7, No.4 Agustus 2021
Sudirman. (2019). ‘The Effect Of Branding, Product Quality, And Reference Grup On Purchasing Decisions Trought Promotions Intervention Variables (Case Study Of Samsung At Meteor Caall Store Malang)’. Jurnal Magister Manajemen.Iv.
Triyono dan Susanti. 2021. Pengaruh Word of mouth, Healthydan Braand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 3 Juni 2021.
Wibowo, E, dan Setyaningsih. 2021. Pengaruh Word of mouthTerhadap Purchase Intention dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Survey pada Konsumen Mie Gacoan Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Perbankan. Vol 1, No 1. 2021.