Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over di Kota Singaraja

Penulis

  • Nafira Damaris Wabang Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/pjmb.v5i1.52765

Kata Kunci:

celebrity endorser; brand image; keputusan pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorser dan brand image secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di Kota Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 120 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner online melalui google form dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di Kota Singaraja. (2) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di Kota Singaraja. (3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Make Over di Kota Singaraja.

Referensi

Amron. 2018. The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, 14 (13): 228 – 239.

Andrianto, Nur F., dan Sutrasmawati E. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan Pembelian. Management Journal Analysis, 5 (2): 104 – 109.

Ayu, Ipak. 2021. Industri Kosmetika Diproyeksi Tumbuh 7 Persen Tahun Ini. Tersedia pada: https://ekonomi.bisnis.com/read/20210412/257/1379994/industri-kosmetika-diproyeksi-tumbuh-7-persen-tahun-ini, diakses tanggal 21 Juli 2021.

Cahyani, K. I., dan Sutrasmawati Rr. E. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5 (4): 281 – 288.

Darmansyah, dkk. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12 (2): 230 – 238.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kalangi, dkk. 2019. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (1): 44 – 54.

Kotler, P., dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K. L. 2012. Marketing Management. New Jearsey: Pearson Prentice Hall.

Maupa, dkk. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI, 16 (2): 135 – 168.

Muktamar, M. K. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Wimcyle Agent Series. eProceedings of Management Telkom University.

Munandar dan Chadafi. 2016. Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram. Jurnal Visioner & Strategis, 5 (2): 1 – 8.

Novianti, Tita A. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pixy. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1 (1): 43 – 50.

Nurhayati, Siti. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. JBMA, 4 (2): 60 – 69.

Nusaresearch. 2020. Laporan Tentang Makeup Routine. Tersedia pada: https://nusaresearch.net/public/news/996-Laporan_Tentang_Makeup_Routine.nsrs, diakses tanggal 21 Juli 2021.

Shimp, Terence A. 2010. Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated. Marketing Communication. United States: Cengage Learning.

Soim, dkk. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Kartu Perdana simPATI di Booth Telkomsel Matos). Jurnal Administrasi Bisnis, 35 (1): 146 - 153.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zahra, R.R., dan Rina N. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit di Kota Bandung. Jurnal Lontar, 6 (1): 43 – 57.

Diterbitkan

2023-07-29

Terbitan

Bagian

Articles