Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA

Authors

  • Ni Luh Putu Aninditha Paramita.A Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah pembelajaran yang pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan masalah realistis terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas IV Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non Equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat dengan jumlah 240 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswab kelas IV SDN 13 Dauh Puri dengan jumlah 42 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 14 Dauh Puri dengan jumlah 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan berpikir kritis IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes essay berjumlah 10 soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan statistik inferensial kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 6,144 lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikan 5%) = 1,988. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata berpikir kritis kelompok eksperimen adalah 87,245 lebih besar dari hasil rata-rata berpikir kritis kelompok kontrol yaitu 78,4. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan model CTL berbantuan masalah realistis berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas IV Gugus II Teuku Umar Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, IPA, keterampilan berpikir kritis, masalah realistis

References

Agung, A. A. G 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Alwasilah, Chaedar. 2007. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Gunawan, Mumahmmad Ali. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Kesuma, Dharma. 2010. Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta: Rahayasa Reasearch & Training.

Rahayuni, Galuh. (2016). “Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dam Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Volume 2, Nomor 2 (halaman 131-146).

Ratna, Muttia. (2015). Pengaruh Metode CTL dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 114 Palembang”. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 6, Edisi 2 (halaman 254-265).

Sadia, I Wayan. 2014. Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivisme. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suastra, I Wayan. 2016. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha.

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Yulistya. 2013. “Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Penilaian Konerja Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sangsit”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/732/605 (diakses tanggal 31 Mei 2019).

Tirtasari, Ni Luh. (2015). “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1 (halaman 1-11).

Widowati, Asri (2012). “Optimalisasi Potensi Lokal Sekolah dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Kontruktivisme” Journal UNY Vol : 2. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?q=asri+2012+penguasaan+konsep+biologi&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3Dv6_Zb7V8z2sJ

Downloads

How to Cite

Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499

Issue

Section

Articles