PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATEMATIKA

Sagita Fredrika Monaningsih, Wahyu Ratna Pusari, M. Yusuf Setia W

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal matematika tentang kemampuan pemecahan masalah (materi pengukuran), siswa kurang mampu memahami masalah yang menyebabkan siswa kesulitan mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika. Hal tersebut disebabkan oleh karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa SD Negeri 01 Tawangrejo Pati pada pembelajaran matematika setelah diterapkan model Problem Based Learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas II di SDN 01 Tawangrejo kabupaten Pati.

Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati yang berjumlah 22 siswa. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas II yaitu 22 siswa dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh.

Hasil analisis setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan bahwa hasil uji ketuntasan rata-rata kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung  = 5,53 dan ttabel = 2,07 jadi thitung>ttabel  maka HO ditolak dan Ha diterima berarti rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati mempunyai ketuntasan rata-rata mencapai KKM 75. Pada uji t diperoleh thitung = 7,41 dan ttabel = 2,07, jadi thitung>ttabel maka kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas II SDN 01 Tawangrejo Pati sesudah menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah supaya model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar supaya kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik

Kata kunci: model Problem Based Learning,Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Huda Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Komsiyah Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soegeng. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta

Surya Mohamad. 2015. Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran.Bandung: Afabeta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wena Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v3i2.27935

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF file view : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Thinking Skills and Creativity Journal is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Thinking Skills and Creativity Journal indexed by:

Akreditasi SINTA   Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License
 
Thinking Skills and Creativity Journalis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.