Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.29721Keywords:
Problem Based Learning, Discovery LearningAbstract
Belum banyaknya dilakukan penelitian meta-analisis mengenai pengaruh model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas V SD pada muatan pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa artikel Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan mengkaji sepuluh artikel jurnal penelitian lain yang berkaitan dengan pengaruh model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah artikel pada jurnal pendidikan yang sudah dipublikasikan secara nasional sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar data pengkodean artikel. Penelitian meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan data dengan cara pemberian kode terhadap sepuluh artikel jurnal untuk mencari besar pengaruh (effect size). Berdasarkan lembar data pengkodean artikel, model pembelajaran secara keseluruhan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dengan nilai besar pengaruh effect size 1,65 yang termasuk dalam kategori efek besar. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih efektif dan perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika. Model yang paling efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yaitu model Discovery Learning.
References
Card, N. A. (2012). Applied Meta-Analysis for Social Science Research. New York: The Guildfor Press.
Dharma, U. S., & Prasetyo, G. (2012). Pengaruh Perubahan Laju Aliran Terhadap Tekanan Dan Jenis Aliran Yang Terjadi Pada Alat Uji Praktiikum Mekanika Fluida. Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 1(2). https://doi.org/10.24127/trb.v1i2.653 DOI: https://doi.org/10.24127/trb.v1i2.653
Fari, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 99-117.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396
Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu .
Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108
Hadi. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XIII IPS-1 SMA Negeri 5 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Edukasi . DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i2.1020
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar . DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Hasan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X.IPA.2 Semester I SMA Negeri 1 Bengkalis Tahun Pelajaran 2016/2017. Akademika . DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7115
Huang, N. tang, Chang, Y. shan, & Chou, C. hui. (2020). Effects of creative thinking, psychomotor skills, and creative self-efficacy on engineering design creativity. Thinking Skills and Creativity, 37(March), 100695. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100695 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100695
Kadir. (2018). Statistika Terapan Edisi Ketiga. Jakarta: Raja Grafindo.
Nindrea, R. D. (2016). Pengantar Langkah-langkah Praktis Studi Meta Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Nurochim. (2018). Perbedaan Penerapan Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 8 Salatiga. Jurnal Mitra Pendidikan, 134–147.
Nurochim. (2018). Perbedaan Penerapan Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 8 Salatiga. Jurnal Mitra Pendidikan , 134-147. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i2.1904
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461 DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Permendikbud Nomor 58 Tahun 2016 tentang Pedoman Mata Pelajaran Matematika.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika . DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326
Salim., S., & Rusmawati, R. D. (2019). Keefektifan Tingkatan Pembelajaran Inkuiri (Levels Of Inquiry) terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Siswa dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Edcomtech (Jurnal KajianTeknologi Pendidikan), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p096 DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27118
Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. (2016). Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108–114. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.691
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–612.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se Kuala Nagan Raya Aceh. GENTA MULIA, IX(2), 56–70.
Triningsih, R., & Mawardi. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(April), 51–56. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Ulfah, F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Lks Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Logis. Jurnal Derivat, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.236 DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i1.236
Utomo, U., & Azimah, N. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Seni Musik, 7(1), 25–33.
Wardani, Mawardi, & Astuti. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika .
Wardani, Mawardi, & Astuti. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika .
Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976 DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976
Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Model Dick and Carey dan Menggunakan Concept Mapping pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(2), 175–180. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.924
Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4 The Effectiveness of The Learning Model Problem Solving and Problem Posing Based from Critical Thinking Skill Mathematics for. JSD : JurnalSekolahDasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890 DOI: https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.890
Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4. JSD : JurnalSekolahDasar DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209
Yustina, Y., Halim, L., & Mahadi, I. (2020). The Effect of “Fish Diversity” Book in Kampar District on the Learning Motivation and Obstacles of Kampar High School Students through Online Learning during the COVID-19 Period. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 7–14. https://doi.org/DOI: 10.46843/jiecr.v1i1.2 DOI: https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i1.2