Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042Keywords:
media pembelajaran, komik, pemecahan masalah, bangun datar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model media pembelajaran Komik untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau sering disebut Research and Development. Metode penelitian yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu Analyze Learner; State Standards and Objectives; Select Strategies, Technology, Media, and Materials; Utilize Technology, Media and Materials; Require Learner Parcipation; Evaluate and Revise.Validitas pengembangan media pembelajaran dinilai oleh para ahli menggunakan lembar validasi ahli. Lembar validasi ahli terdiri dari dua macam yaitu uji ahli media dan uji ahli materi. Hasil validasi ahli terkait media pembelajaran yang dikembangkan terbukti valid. Hasil validasi media menunjukkan presentase sebesar 84% sehingga dapat di kategorikan sanggat tinggi sedangkan hasil uji materi menunjukkan presentase sebesar 76,7% segingga dapat di kategorikan tinggi sehingga layak untuk di ujicobakan dengan adanya revisi.
References
Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 704–831. e-jurnal.fip.unp.ac.id/index.php/bahan/article/viewFile/3816/3049
Agustini, P. P., Kristiantari, M. . R., & Putra, D. K. N. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia Pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7265
Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802 DOI: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802
Aziza, R., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2019). Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 261. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.858 DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.858
Cahyani, Y. (2018). Efektivitas Media Blok Pecahan Dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa Kelas Vii Smpn 2 Barombong Skripsi. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 109–113. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/10969 DOI: https://doi.org/10.24252/ajme.v1i2.10969
Cintya, H. A. B., & Sayatman, S. (2019). Perancangan Komik Edukasi Industri Kimia Sebagai Media Pengantar untuk Mahasiswa Baru Teknik Kimia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.36140 DOI: https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.36140
Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika matematis merupakan salah satu secara interaktif , inspiratif , menyenang- melakukan penguasaan bahan dan materi. Journal of Medives, 3(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860 DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/1555/1275
Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-Anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931 DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931
Luawo, M. I. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 121–132. https://doi.org/10.21009/insight.072.01 DOI: https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.01
Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi dan Komik dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976 DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976
Muttaqin, N. H., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564 DOI: https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564
Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Komik ( Learning Effectiveness of Student Teams Achievement. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.1067
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992
Prastyyo, S. B. (2015). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Meroda Pada Senam Lantai Kelas Viii Smp Negeri 13 Semarang Tahun 2013/2014. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(1), 1539–1542. https://doi.org/10.15294/active.v4i1.4552
R, S. S. B., Mulyana, E. H., & Respati, R. (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran Subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta Pembelajaran Satu Utuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 65–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/download/7200/7468
Ratnawuri, T. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Um Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 8–12. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.632 DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.632
Rukajat, A. (2013). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 85–111.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Saputro, G. E., Haryadi, T., & Yanuarsari, D. H. (2016). Perancangan Purwarupa Komik Interaktif Safety Riding Berkonsep Digital Storytelling. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(02), 195–206. https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1207 DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v2i02.1207
Setiawan, Y. U., Asih, I., Yandari, V., & Pamungkas, A. A. N. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/download/2706/1930 DOI: https://doi.org/10.32678/primary.v12i01.2706
Smaldino, S., E., Lowther, D. L., & Russel, J. D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. KENCANA.
Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107 DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107
Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 96–105. https://media.neliti.com/media/publications/121123-ID-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas.pdf
Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb
Wicaksono, D. (2016). Pengaruh Media Audio-Visual Mp-Asi Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Baduta Di Puskesmas Kelurahan Johar Baru. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 291. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1974 DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1974
Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544