Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Laerning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD

Authors

  • Sayekti Dona Afrianingrum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Theresia Sri Rahayu Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33503

Keywords:

problem cased learning, problem posing

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan maslah akibat penggunaan pembelajaran dengan metode ceramah dan pembelajaran dengan pendekatan berpusat kepada siswa, menjadi salah satu alasan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji perbedaan komparasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika Sekolah Dasar dengan menggunakan Meta-Analisis. Dalam penelitian ini langkah pertama yang dilakukan yaitu menentukan masalah. Langkah kedua pencarian data jurnal penelitian diinternet melalui Google Cendekia. Setelah selesai pencarian data, maka peneliti memperoleh 20 jurnal yang sesuai. Langkah ketiga menganalisis data penelitian untuk memperoleh hasil dan kesimpulan yang kuta, dan langkah keempat serta terakhir yaitu laporan hasil penelitian dengan menyampaikan bagian-bagian penting dari hasil penelitian yang telah diperoleh. Uji Prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Komparasi, serta uji Independent Sample t Test. Dengan melakukan uji normalitas menggunakan uji Stastistik atau Kolmogorov-Smirnov uji telah berdistribusi normal jika nilai signifikan mempunyai nilai rata-rat diatas 0,05. sehingga memberikan pengaruh tergolong terhadap meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika

References

Anisa, W. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209668.

Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sma. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 7(1), 83–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17496

Falach, H. N. (2016). Perbandingan keefektifan pendekatan problem solving dan problem posing dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 136. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635 DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10635

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika matematis merupakan salah satu secara interaktif , inspiratif , menyenang- melakukan penguasaan bahan dan materi. Journal of Medives, 3(2), 185–196. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860 DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671 DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Mulyono, D., & S., A. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(2), 238–250. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536 DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536

Novia, C. E., Wahyuni, R., & Husna, N. (2017). Efektivitas Model Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas Viii Smp Negeri 12 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 78. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.227 DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.227

Rahman, A., Hartini, S., & An’nur, S. (2015). Perbedaan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Problem Posing dan Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 44. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767 DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v3i1.767

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Sartono, L. N. (2017). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183

Setiani, N. L., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik Terhadap Semangat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Pada Sdlb.B.N. Sidakarya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 5(1), 207276. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1546

Siswantoro, E., & Blitar, K. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar ( Problem Based Learning to Improve State Elementary School of Sananwetan 2 Student ’ s Problem Solving Ability ). JURNAL EDUKASI, 5(I), 15–18. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009 DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8009

Situmorang, R. M., Muhibbuddin, & Khairil. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 87–90.

Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139 DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183

Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.255

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb

Wahyuddin, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Takalar. Al-Kharizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72–105. DOI: https://doi.org/10.22373/jppm.v2i1.4500

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410 DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Downloads

Published

2021-08-04

How to Cite

Afrianingrum, S. D., & Rahayu, T. S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Laerning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33503

Issue

Section

Articles