Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Authors

  • Ni Luh Putu Pebri Artayani .
  • Drs. Gede Raga, M.Si .
  • Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media kartu berpasangan pada anak kelompok B di TK Widia Kumara Padangbulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak TK Widia Kumara Padangbulia pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang kemampuan kognitif diperoleh dengan menggunakan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan rata-rata skor kemampuan kognitif pada anak kelompok B setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan berbantuan media kartu berpasangan siklus I sebesar 58,75% yang berada pada kategori rendah. Kemudian pada siklus II menjadi 85,43% yang berada pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan kemampuan kognitif setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan berbantuan media kartu berpasangan sebesar 26,68%.
Kata Kunci : kemampuan kognitif, model pembelajaran kooperatif, kartu berpasangan.

The aim of this research was to know the increase of cognitive ability by applying cooperative model of learning using paired card toward children in group B of TK Widia Kumara Padangbulia. This kind of research was action research which held in two cycles. The subjects of this research were 15 children in group B of TK Widia Kumara Padangbulia in the second semester in the academic year 2013/2014. The data was collected by observation method using observation form instrument. Collected data was analyzed using descriptive statistic and descriptive quantitative analysis. The result of analysis showed that in the first cycle there was increase 58,75% of average score in cognitive ability toward children in group B after cooperative model of learning using paired card applied, which belongs to low category. In the second cycle, became 85,75% which belongs to high category. It can be concluded, that there was an increase point of cognitive ability for 26,68% after cooperative model of learning using paired card applied.
keyword : cognitive ability, paired card, cooperative model of learning.

Published

2014-07-07

How to Cite

., N. L. P. P. A. ., ., D. G. R. M., & ., D. P. A. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3250

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>