PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 MANGGIS KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Luh Yupriyanti .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD gugus 1 Manggis tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus 1 Manggis pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik random sampling, Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar IPA di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dan dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar dengan nilai kognitif (post test). Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 2,30 > ttabel = 1,671). Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada hasil tes di akhir kegiatan pembelajaran. Rata-rata nilai pada kedua kelompok, diketahui rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (80,08> 76,17).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbantuan media konkret berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem.
Kata Kunci : model pembelajaran, generatif, media konkret, hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences between students' science learning outcomes that learned by following the generative model of learning by concrete media with students who take conventional teaching fifth grade students of Elementary School Gugus 1 Manggis sub district, Karangasem regency, academic year 2014/2015. This study was a quasi-experimental study ( Quasy experiment ) with a research design that is used is Non- Equivalent Control Group Design. The study population was all Elementary School fifth grade students Gugus 1 Manggis, Manggis sub district, Karangasem Regency, academic year 2014/2015. Samples were taken with a random sampling technique. The data collected is the value of science learning outcomes in the classroom as well as in the experimental and control classes were collected using a multiple-choice test with one correct answer cognitive scores ( post-test ). Data were analyzed by t test. The results showed that there were significant differences in science learning outcomes of students who learned with using the generative model of learning by concrete media with students who learned with using conventional learning (of t = 2.30 > t table = 1.671). This can be seen from the difference in learning outcomes between the experimental group with the control group on the test results at the end of the learning activity. Average values in both groups, the average value known experimental group is higher than the control group ( 80.08> 76.17). Thus, it can be concluded that the generative learning model by concrete media significant effect on student science learning outcomes at Elementary School fifth grade Gugus 1 Manggis, Manggis sub district, Karangasem regency, academic year 2014/2015.
keyword : learning model, generative, concrete media, science learning outcomes

Published

2015-03-10

How to Cite

., N. L. Y., ., D. I. N. S., & ., D. N. W. S. M. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 MANGGIS KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM TAHUN AJARAN 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825

Issue

Section

Articles