Penerapan Model Problem Based Learning dan Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Laila Sya’bani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Arini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38984

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Make A Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang melalui penerapan model Problem Based Learning dan Make a Match di kelas III SD Negeri 1 Granting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu;, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Granting yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 80% siswa mencapai KKM atau ≥71. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dan Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Hal itu dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang sebelum dilaksanakan tindakan adalah 64.5 dengan persentase ketuntasan sebesar 30%, dan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 dengan persentase ketuntasan sebesar 65%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa juga meningkat menjadi 84.5 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%.

 

 

References

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning Teoridan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. (1995). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Azwar, Saifuddin. (1987). Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberty.

Depdiknas. 2009. Pedoman Penilaian Hasil Belajar dan Kalender Pendidikan di

Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas

Good, Thomas L dan Brophy, Jere E. (1990). Educational Psychology. New

York: Longman

Gronlund, Norman E dan Linn, Robert L. (1985). Measurement and Evaluation in

Teaching. New York: Macmillan Poblishing Company.

Miftahul Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan

Profesionalisme Guru. Bandung: Rajagrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana: Jakarta.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes. Jakarta: Ditjen Dikti

Suciati. (2001). Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta: Pusat Antar Universitas

untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti

Depdiknas.

Sudjana, Nana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Dan Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Sumarno, Alim. (2011). Pengertian Hasil Belajar. (http://elearning.unesca.ac.id/tag/teori-hasil-belajar-gagne-dan-driscoll-dalam-buku-apa)

Suprihatiningrum, Jamil. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz

Media.

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Winkel, WS. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya.

Downloads

Published

2021-08-27

How to Cite

Sya’bani, L., & Arini, N. W. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning dan Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 8–18. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38984

Issue

Section

Articles