Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan

Authors

  • Amrin Suryani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Happy Artini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986

Keywords:

Teams Games Tournament, Bernyanyi, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan cara sengkedan dan metode bernyanyi siswa kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiam adalah siswa kelas IVC semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SD N 3 Banjar Jawa sebanyak 32 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan setiap akhir siklus. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes tertulis bentu pilihan ganda, isian, dan uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian hasil belajar siswa, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 43,75% dan pada siklus 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 71,875%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,125 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan tahun pelajaran 2018/2019.

 

References

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Haris, A., & Abadi, A. M. 2013. Keefektifan Pembelajaran Koopertaif Tipe TGT dan GI Ditinjau dari Ketercapaian Standar Kompetensi Sikap, Minat Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No 2, hlm 112.

Downloads

Published

2021-08-27

How to Cite

Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986

Issue

Section

Articles