Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986Kata Kunci:
Teams Games Tournament, Bernyanyi, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan cara sengkedan dan metode bernyanyi siswa kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiam adalah siswa kelas IVC semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SD N 3 Banjar Jawa sebanyak 32 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan setiap akhir siklus. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes tertulis bentu pilihan ganda, isian, dan uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian hasil belajar siswa, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 43,75% dan pada siklus 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 71,875%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 28,125 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar kelas IVC SD N 3 Banjar Jawa dalam remidiasi Matematika materi faktor dan kelipatan tahun pelajaran 2018/2019.
Referensi
Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Haris, A., & Abadi, A. M. 2013. Keefektifan Pembelajaran Koopertaif Tipe TGT dan GI Ditinjau dari Ketercapaian Standar Kompetensi Sikap, Minat Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8 No 2, hlm 112.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.