Penggunaan Strategi Group Mapping Activities (GMA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Authors

  • I. N. Anisah Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • K. S. Piscayanti Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I. M. M. Yudana Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39085

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Strategi GMA

Abstract

Menguasai kemampuan membaca bahasa inggris menjadi hal yang tidak dapat dilakukan dengan mudah, khususnya bagi peserta didik di tingkat SMA. Hal ini jugalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan pengamatan awal di salah satu kelas di SMA Negeri 3 Singaraja. Peneliti menemukan bahwa hampir seluruh peserta didik di kelas tersebut mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok, menemukan informasi rinci, dan memahami keseluruhan isi teks yang mereka baca. Dengan demikian, sangatlah penting bagi guru untuk dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat bagi peserta didik. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Group Mapping Activities (GMA). Lebih lanjut, melalui penelitian tindakan kelas, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pengimlementasian strategi GMA di dalam kelas tersebut. Selain itu, peneliti juga bermaksud untuk membuktikan bahwa strategi tersebut dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka yang meliputi kemampuan menemukan informasi rinci dan memahami keseluruhan isi dari teks yang dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian strategi Group Mapping Activities di kelas tersebut benar-benar dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka. Hal ini ditunjukkan dari hasil post-test 1 dan 2 mereka yang meningkat dan telah mencapai nilai KKM. Selain itu, kesimpulan ini didasarkan pada hasil pengamatan di dalam kelas dan kuisioner yang menunjukkan respon positif peserta didik terhadap strategi yang digunakan pada saat pembelajaran bahasa inggris di dalam kelas.  

 

References

Faridatuunnisa, I. (2020) ‘Kebijakan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sd Di Indonesia.’, Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 191–199. Available At: Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7510.

Irdawati; Yunidar; Dan Darmawan (2017) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol, Issn 2354-614x’, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), Pp. 1–14. Available At: Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Jkto/Article/View/2918.

Khasanah, A. And Cahyani, I. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (Qar) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(4), Pp. 161–175. Available At: Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Ppd/Article/Download/6468/4411%0a.

Krismanto, W., Halik, A. And Sayidiman, S. (2015) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare’, Publikasi Pendidikan, 5(3). Doi: 10.26858/Publikan.V5i3.1616. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Kurniatun, I. (2014) Keefektifan Strategi Gma (Group Mapping Activities) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Sanden Bantul. Bantul.

Maesaroh, S. (1970) ‘Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Kependidikan, 1(1), Pp. 150–168. Doi: 10.24090/Jk.V1i1.536. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536

Nasution, D., Harahap, S., Siregar, S., & Hasibuan, A. (2021) ‘Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63-72. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/573. DOI: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573

Santosa, P. P. P. (2017) ‘Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok (The Ability To Read Text United Kingdom Language Grade Persuasive X Smk Negeri 2)’, Deiksis, 09(02), Pp. 170–181. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1823

Downloads

Published

2021-09-02

How to Cite

Anisah, I. N., Piscayanti, K. S., & Yudana, I. M. M. (2021). Penggunaan Strategi Group Mapping Activities (GMA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39085

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)