Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share

Authors

  • I. N. Anisah Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • K. S. Piscayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. M. M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.40413

Keywords:

Lesson Study, Metode Pembelajaran, Think-Pair-Share

Abstract

Menguasai kemampuan membaca Bahasa inggris bukanlah hal yang mudah. Mengajarkan kemampuan ini ke pada peserta didik mengharuskan guru untuk mencari dan menggunakan metode pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa inggris mereka. Fenomena ini juga ditemukan oleh  penulis di kelas X IPA 4 SMA Negeri 3 Singaraja saat mengajarkan materi. Melalui pengamatan awal, penulis menemukan bahwa kemampuan peseta didik di kelas tersebut masih kurang dalam memahami isi cerita dari teks naratif yang sedang diajarkan. Kesulitan mereka dalam memahami isi cerita juga karena mereka mengalami kesulitan dalam menemukan infromasi-informasi yang mereka perlukan untuk dapat memahami keselutuhan isi teks yang mereka baca. Dengan demikian, hal ini menjadi dasar bagi penulis untuk melaksanakan lesson study dengan menggunakan metode pembelajaran Think-Pair-Share yang dimodifikasi menjadi Think-Group-Share. Setelah melaksanakan lesson study, penulis dapat menyimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dapat memfasilitasi peserta didik dalam memahami isi teks. Hal ini ditunjukan dengan kemampuan mereka dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan terkait dengan teks. Selain itu, mereka juga dapat membuat kesimpulan atau menceritakan ulang isi cerita dari teks yang mereka baca. Lebih lanjut, melalui kegiatan lesson study ini, guru juga menemukan fakta bahwa sangat penting bagi guru untuk menemukan dan menggunakan metode-metode pembalajaran yang bervariasi. Selain itu, guru juga perlu menyadari akan perlu dan pentingnya melaksankan kegiatan lesson study. Kegiatan lesson study ini dapat membantu guru pengajar untuk mengevaluasi model mengajar mereka. Sehingga nantinya dapat menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang lebih baik kedepannya.    

Author Biographies

I. N. Anisah, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

K. S. Piscayanti, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

I. M. M. Yudana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

References

indriati (2012) ‘Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media’, 1(2), Pp. 192–197.

Irhami, A., Ayub, D. And Maemunaty, T. (2021) ‘Rational Thinking Of Citizens Learning In The Non- Formal Education Unit Sanggar Learning Activities ( Spnf-Skb ), Pekanbaru City Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar ( Spnf-Skb ) Kota Pekanbaru’, 8, Pp. 1–11.

Junaedi, A. (2016) ‘Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik’, Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), Pp. 834–842.

Marisa, S. (2019) ‘Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar’, Jurnal Taushiah, 9(2), Pp. 20–27. Available At: Https://Jurnal.Uisu.Ac.Id/Index.Php/Tsh/Article/View/1786.

Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), P. 23. Doi: 10.30868/Ei.V7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Syahniar, S. And Dwi, B. N. (2018) ‘Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa’, Jurnal Counseling Care, 1(2), Pp. 17–24. Doi: 10.22202/Jcc.2017.V1i2.2524. DOI: https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2524

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Anisah, I. N., Piscayanti, K. S., & Yudana, I. M. M. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 52–57. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.40413

Issue

Section

Articles