Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung

Authors

  • Helvita Sari Tarigan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39708

Keywords:

Model Problem Based Learning, Teknik Pengamatan Objek Langsung, Kemampuan Menulis Teks Berita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan teknik pengamatan objek langsung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja, sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis teka berita. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis berita adalah sebesar 9,7, yaitu dari rata-rata 68,6 menjadi 78,3. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena secara keseluruhan siswa tuntas. Siswa juga memberikan respons yang sangat positif dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung yakni dengan skor 55,2.

Author Biography

Helvita Sari Tarigan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS

References

Azwar, S. (2005) Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta.

Fuad, Z. Al And Helminsyah (2018) ‘Anguage Experience Approach Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), Pp. 164–174. Available At: Http://Tunasbangsa.Stkipgetsempena.Ac.Id/Home/Article/Download/78/71.

Ninawati, M. (2019) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, Pp. 68–78. Doi: 10.23969/Jp.V4i1.1747. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Nisa, K. (2017) ‘KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS TERJEMAHAN MAHASISWA’, Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(1), Pp. 9–15. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p001

Nuryamah, I., Sunarya, D. T. And Irawati, R. (2016) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris’, Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), Pp. 761–770. Doi: 10.17509/Jpi.V1i1.3566.

Puspitasari, E. H. And Rustono, H. B. (2014) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), Pp. 1–8.

Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), P. 23. Doi: 10.30868/Ei.V7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Downloads

Published

2021-09-26

How to Cite

Tarigan, H. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 39–44. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39708

Issue

Section

Articles