Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v2i2.39708Keywords:
Model Problem Based Learning, Teknik Pengamatan Objek Langsung, Kemampuan Menulis Teks BeritaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan teknik pengamatan objek langsung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja, sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis teka berita. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis berita adalah sebesar 9,7, yaitu dari rata-rata 68,6 menjadi 78,3. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena secara keseluruhan siswa tuntas. Siswa juga memberikan respons yang sangat positif dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung yakni dengan skor 55,2.References
Azwar, S. (2005) Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta.
Fuad, Z. Al And Helminsyah (2018) ‘Anguage Experience Approach Sebuah Pendekatan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), Pp. 164–174. Available At: Http://Tunasbangsa.Stkipgetsempena.Ac.Id/Home/Article/Download/78/71.
Ninawati, M. (2019) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, Pp. 68–78. Doi: 10.23969/Jp.V4i1.1747. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747
Nisa, K. (2017) ‘KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS TERJEMAHAN MAHASISWA’, Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(1), Pp. 9–15. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p001
Nuryamah, I., Sunarya, D. T. And Irawati, R. (2016) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris’, Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), Pp. 761–770. Doi: 10.17509/Jpi.V1i1.3566.
Puspitasari, E. H. And Rustono, H. B. (2014) ‘Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media Film Dongeng’, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), Pp. 1–8.
Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), P. 23. Doi: 10.30868/Ei.V7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.