Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi Akar Revolusi di Sekolah Dasar

Authors

  • Kamelia Kamelia STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia
  • Reskiana Reskiana STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia
  • Rahmi Rahmi STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia
  • Adiyanata Lubis STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.42417

Keywords:

Teknologi, Revolusi Komunikasi dan Informasi, Standar Teknologi

Abstract

Informasi di SD merupakan unsur pokok yang secara implisit melekat dalam konsep pembangunan yang terencara. Meskipun peranan  informasi di dalam beberapa dekade kurang mendapat perhatian, namun sesungguhnya kebutuhan akan informasi di SD merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dari kebutuhan sandang dan pangan bagi siswa sekoal dasar. Kegiatan pembangunan manapun hanya dapat berlangsung dan bisa mencapai sasaran bila dalam setiap tahapnya atau perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan - didasarkan pada informasi yang memadai. Informasi memang diperoleh melalui kegiatan komunikasi tetapi yang sesungguhnya menentukan nilai komunikasi siswa sekolah dasar adalah informasi yang di bawa oleh seorang guru. Revolusi informasi, biasanya difahami sebagai perubahan yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi Siswa SD paling penting adalah teknologi untuk menyalurkan informasi dan sistem komputer modern untuk memprosesnya. Dikatakan revolusi karena karena dapat memberikan perubahan yang sangat cepat dalam perkebangan siswa Dasar. Hal yang mendasar dari teknologi komunikasi dan informasi adalah standar. Sementara itu, perkembangan jaringan sangat membutuhkan sebuah standar sistem operasional. Ketika seorang guru menggunakan jaringan untuk berkomunikasi dengan siswanya, maka sesungguhnya secara tidak langsung membutuhkan sistem yang kompatibel antara guru dengan siswanya tersebut. Teknologi memang dapat memberi berbagai dampak positif dan negatif, tetapi dengan pemahaman yang terkait problematika dan dinamakan teknologi yang berkembang, maka setiap individu siswa sekolah dasar yang ada di sebuah Negara menjadi Penguasa teknologi dan bukan sebaliknya menjadi siswa SD yang dikuasai dan dikendalikan oleh teknologi.

Author Biographies

Kamelia Kamelia, STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Reskiana Reskiana, STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rahmi Rahmi, STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Adiyanata Lubis, STKIP Rokania, Pasir Pangaraian, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahmadi, F. 2017. Guru SD Di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi.

Alfurqan, A., Z. Trinova, M. Tamrin, and A Khairat. 2020. “Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep Dari Pengembangan Dan Pendidikan Dasar.” Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar 10(2).

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.16217

Anih, E. 2016. “Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Memasuki Abad 21.” Jurnal Pendidikan Unsika 4(2).

Aritonang, F., H. Vardila, I. Ketrin, and T. Hutagalung. 2020. “Analisis Gaya Bahasa Pada Syair Sidang Fakir Empunya Kata Karya Hamzah Fansuri.” Jurnal Sastra 9(1). DOI: https://doi.org/10.24114/ajs.v9i1.18344

Astini, N. K. S. 2019. “Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial.” In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya 1(1). https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194.

Budiman, H. 2017. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 31–43. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Dewi, S. Z., and I. Hilman. 2019. “Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2(2): 48–53. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100

Firdianti, A. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Fraydika, O. 2021. “Implementasi Metode Card Sort Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN 3 Pasaman Barat.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2): 1–9. DOI: https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.1886

Hafsari, T. A., and S. Sukamdi. 2015. “Analisis Potensi Sumberdaya Manusia Bidang Pendidkan Sesuai Dengan Koridor Ekonomi Mp3ei (Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Indonesia).” Jurnal Bumi Indonesia 4(4): 228220. https://www.neliti.com/publications/228220.

Harun, I. 2015. “Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan Islam 1(2): 175–90. DOI: https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6138

Huda, I. A. 2020. “Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 2(1): 121–25. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Kurniasari, W., M. Murtono, and D. Setiawan. 2021. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(1): 141–48. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Nugroho, P. J. 2017. “Pengembangan Model Pelatihan Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Daerah Terpencil.” Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26(2): 101–15.

Pulungan, S. 2017. “Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran PAI.” Journal of Information Systems 1(01).

Ramdani, N. S., H. Nugraha, and A Hadiapurwa. 2021. “Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Teknologi Pendidikan 10(2): 425–36. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406

Ramdiana, H. 2020. “Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Profesionalisme Guru Dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di SMAN 21 Garut.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3(1): 18–28. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p018

Rivalina, R. 2014. “Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Teknodik: 165–76. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.121

Rochmawati, N. 2019. “Psikologi Guru Profetik.” Psikoislamedia: Jurnal Psikologi 3(1).

Sahaya, H. N., and A. Arto. 2012. “Eran MP3EI Berbasis” Not Business As Usual” Untuk Meningkatkan Daya Saing Dan Penyerapan Tenaga Kerja.” Jurnal Ekonomi dan Kebijakan 5(1).

Sawitri, E., M. S. Astiti, and Y. Fitriani. “Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3026.

Shodiq, S. 2021. “Peran Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Edukasi 8(1): 17–19. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968

Sumiarsi, N. 2015. “Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3(1).

Susanto, A. 2018. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, Dan Aplikasinya.

Ulumudin, I. 2015. “Efektivitas Pendirian Akademi Komunitas Dalam Mendukung Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 21(1): 39–52. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.175

Utami, V. A., and M. Muqowim. 2020. “Pengintegrasian Nilai-Nilai Keislaman Dengan Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah 2(2): 76–83. DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.665

Warsihna, J. 2013. “Peranan TIK Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sesuai Kurikulum 2013.” Jurnal Teknodik: 156–64. DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.120

Widianto, E. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2): 231–224. DOI: https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yulsyofriend, Y., V. Anggraini, and I. Yeni. 2019. “Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 67–80. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/4414. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Zahwa, F. A., and I. Syafi’i. 2022. “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi 19(1): 61–78. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Kamelia, K., Reskiana, R., Rahmi, R., & Lubis, A. (2022). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi Akar Revolusi di Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.42417

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)