Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Mind Maping di Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Aini Asfiyanti STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Syafia Eka Putri STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Sisi Sahriani STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Reskiana Reskiana STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Alda Khoirunnisa STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Khardianti Alviani Ishak STKIP Rokania, Riau, Indonesia
  • Abdul Putra Ginda Hasibuan STKIP Rokania, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.42529

Keywords:

Metode Pembelajaran Mind Miping, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam menerapkan metode mind mapping. Perkembangan teknologi saat ini menuntut guru untuk terus belajar mengikuti perkembangan zaman dan lebih kreatif dalam proses mengajar agar peserta didik tidak merasa bosan dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru . Metode mind mapping diterapkan untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih mengerti tentang pelajaran yang disampaikan. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah proses pembelajaran yang kurang menarik. Dengan menggunakan metode mind miping pelajaran menjadi terarah, terbimbing, dan menyenangkan bagi peserta didik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar kelas VI sekolah dasar. Adapun hasil penelitian yang menggunakan metode mind mapping nilai peserta didik  lebih tinggi dibandingkan belajar menggunakan metode konvensial. Peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif dan mudah memahami pembelajaran ips setelah menggunakan pembelajaran mind miping. Pembelaran ini pun tidak membuat peserta didik merasa bosan dan tidak terlalu monoton dalam memahami pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. 

References

Adnyana, K. S. 2020. “Peran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Pendidikan Dasar 1(1): 11–20.

Anshori, S. 2016. “Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3(2).

Aprilia, T. 2021. “Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14(1): 10–21. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059

Aulia, R., and R. R Wandini. 2023. “Karakteristik Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(2): 4034–40.

Ayuningrum, S. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Di SDN Mangunjaya 07 Tambun Selatan Bekasi.” Jurnal Metamorfosa 7(1): 138–52. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/257.

Baiquni, I. 2016. “Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Metematika.” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 1(2): 193–203.

Binangun, H. H., and A. R. Hakim. 2016. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 1(2): 204–14. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Cahyani, M. D., and L. A. Liani. 2023. “Penerapan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pai Di Kelas XI SMK Karya Guna 1 Bekasi.” Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri 2(1): 131–44.

Djalal, F. 2017. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 2(1). http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115.

Fatimatuzahroh, F., L. Nurteti, and S. Koswara. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1): 35–50. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Febianti, Y. N. 2014. “Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 2(2). http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63.

Hariani, P. P., A. Wiranda, and I. M. Sihotang. 2021. “Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Minat Belajar.” Jurnal Pendidikan Akuntansi 4(1): 38–49. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.7496

Hidayat, A., M. Sa’diyah, and S. Lisnawati. 2020. “Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor.” Jurnal Pendidikan Islam 9(1): 71–86.

Indrawati, I. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Melalui Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tentang Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Pada Siswa Kelas Vi Mi Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember Semester Ganjil 2020/2021.” Pesat 6(5): 35–60. http://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/22.

Jumriani, J., S. Syaharuddin, N. T. F. W. Hadi, and E. W. Mutiani, M., &Abbas. 2021. “Telaah Literatur; Komponen Kurikulum IPS Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Basicedu 5(4): 2027–35. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1111.

Kusmiati, A. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 1 Tema 4 Semester 1 Tahun 2020/2021 SDN MANGGIS.” Educatif Journal of Education Research 2(4): 64–72. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v2i4.33

Lahir, S., M. H. Ma’ruf, and M. Tho’in. 2017. “Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi.” Jurnal Ilmiah Edunomika 1(1). DOI: https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Lilik Kustiani, S. S., E. Andayani, Ak M. Hariani, L. S., and N. Indawati. 2021. Buku Ajar Mata Kuliah: Wawasan IPS: Sebagai Kajian Dalam Pembentukan Sikap Dan Nilai.

Magdalena, I., P. I. Lestari, and I. Nugrahanti. 2021. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) Pada Siswa Kelas IV MI Al Gaotsiyah Kali Deres.” Nusantara 3(2): 190–98.

Poerwanti, J. I. 2014. “Peningkatan Kemampuan Memahami Makna Peninggalan Sejarah Nasional Melalui Metode Pembelajaran Mind Map.” Dwija Indria 2(7). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/3450.

Prayitno, L. L., and D. Kusumaharti. 2013. “Penerapan Strategi Paikem Jenjang Sekolah Dasar Di Kecamatan Mojosari.” Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya 9(16).

Rendai, R. 2021. “Penerapan Model Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips: Implementation Of Image Media Assisted Mind Mapping Model For Improving The Quality Of Ips Learning.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 6(2): 54–58. DOI: https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2716

Rofiah, N. H., and I. Rofiana. 2017. “Penerapan Metode Pembelajaran Peserta Didik Slow Learner.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2(1): 94–107. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.108

Rofiq, M. A. 2020. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD).

Salman, N., E. Nofiyanti, and T. Nurfadhilah. 2020. “Pengaruh Dan Efektivitas Maggot Sebagai Proses Alternatif Penguraian Sampah Organik Kota Di Indonesia.” Jurnal Serambi Engineering 5(1). DOI: https://doi.org/10.32672/jse.v5i1.1655

Saragih, R. S. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Descptive Text Melalui Metode Mind Mapping Bagi Siswa Kelas VII-I SMPN 1 Sisakalang.” Jurnal Guru Kita PGSD 3(2): 290–99.

Seran, E. Y., and M. P. Mardawani. 2021. Konsep Dasar IPS.

Siregar, Y. 2015. “Kompetensi Guru Dalam Bidang Strategi Perencanaan Dan Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(1). DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.114

Siska, Y. 2016. Konsep Dasar IPS Untuk Sd/MI.

Suardi, M. 2018. Belajar & Pembelajaran.

Subiyakto, B., and M. Mutiani. 2019. “Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 17(1): 137–66. http://103.180.95.8/index.php/khazanah/article/view/2885. DOI: https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Surini, S. 2018. “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Mind Mapping Di MAN I Gunungkidul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 3(1): 77–87.

Susanti, S. 2016. “Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1): 25–37. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/9060.

Sutarna, N. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 5(2): 119–26. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6068. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Suyanti, S. P., M. K. Sari, and D. N. A. E. Hastuti. 2022. Pendidikan IPS.

Umbaryati, U. 2016. “Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika.” prosiding seminar nasional matematika: 217–25. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473.

Wakhidah, N., and F. Achsani. 2019. “Penerapan Metode Mind Map Pada Pembelajaran Teks Berita Di SMPIT MNU Trucuk.” Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya 6(1): 43–59. DOI: https://doi.org/10.30738/.v6i1.6590

Windura, S. 2008. Mind Map for Business Effectiveness.

Yonanda, D. A. 2017. “Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKN Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2M (Mind Mapping) Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(1). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.410

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Asfiyanti, N. A., Putri, S. E., Sahriani, S., Reskiana, R., Khoirunnisa, A., Ishak, K. A., & Hasibuan, A. P. G. (2022). Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Mind Maping di Kelas VI Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.42529

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)