Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Kelas V SD 5 Jekulo Kudus

Authors

  • Lanang Baskoro Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • M. Kanzunuddin Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.43881

Keywords:

Pembelajaran Daring, Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi di SD 5 Jekulo Kudus. Untuk mengetahui kendala dan solusi pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi di SD 5 Jekulo Kudus. Pembelajaran daring merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan dalam jarak jauh melalui media berupa internet dan alat penunjang lainnya seperti telepon seluler dan komputer. Pembelajaran daring sangat berbeda dengan pembelajaran seperti biasa, pembelajaran daring lebih menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi yang disajikan secara online. Coronavirus Diseases 2019 (COVID-19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Tanda dan gelaja umum infeksi COVID-19 antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk, dan sesak napas. Masa inkubasi rata-rata 56 hari dengan masa inkubasi terpanjang 14 hari. Penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu lebih kepada penelitian yang bersifat deskriptif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur atau cara untuk menyelesaikan masalah dengan cara memaparkan keadaan obyek yang akan diteliti baik seseorang, masyarakat atau lembaga sebagaimana semestinya berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara. Tahap selanjutnya yaitu melakukan uji keabsahan data yang dilanjutkan dengan analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi dara, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan.

Author Biographies

Lanang Baskoro, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

M. Kanzunuddin, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mila Roysa, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afghani, D. R. 2021. “Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19.” Journal of Informatics and Vocational Education 3(2). DOI: https://doi.org/10.20961/joive.v3i2.43057

Agnezi, L. A., A. Dini, R. Anggrain, and W. A. Maya. 2017. “Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIB SMPN 17 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 8(2): 14–19. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/article/view/5495.

Agustian, N., and U. H. Salsabila. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3(1): 123–33. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Anam, N. 2019. “Konstruksi Teori Belajar Dan Pembelajaran Spiritualsufistik: Studi Kasus Di Majlis Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Jailani Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 3(1): 608–18.

Aprelia, F., and S. Suyatno. 2013. “Senyawa Metabolit Sekunder Dari Ekstrak Etil Asetat Tumbuhan Paku Christella Arida Dan Uji Pendahuluan Sebagai Antikanker.” UNESA Journal of Chemistry 2(3): 94–99. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1698766.

Arfah, M. A. 2022. “Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas Xii Ips 1 Di Era Pandemi Covid-19 Menuju Era Merdeka Belajar Sma Negeri 2 Tanjung Jabung Timur.” Jurnal Pendidikan Guru 3(2). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/337. DOI: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i2.337

Dewi, W. A. F. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1): 55–61. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Engko, C., and P. Usmany. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online.” Jurnal Akuntansi 6(1): 23–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jak/article/view/2709.

Fadjarajani, S. 2020. “Peranan Geografi Dalam Analisis Sebaran Covid-19.” In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1: 71–78. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/11.

Fhatulloh, M. R., and M. Yusup. 2017. “Implementasi Guru Dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI.” Islamic Religion Teaching and Learning Journal 2(2): 133–39.

Juliawan, I. W., P. W. Bawa, and D. Qondias. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(2): 157–69. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/342. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342

Jumarding, A., A. Ismail, and I. Syamsuddin. 2022. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Pendidikan Tinggi Di Indonesia.” Jurnal Mirai Management 7(3): 247–51.

Kebudayaan, M., and R. Indonesia. 2020. “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).” ISoLEC Proceedings, 4(1): 72–76. https://www.expontt.com/wp-content/uploads/2020. DOI: https://doi.org/10.33474/yur.v4i2.11239

Komalasari, R. 2020. “Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal) 7(1): 38–50. DOI: https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Kurniawati, W. 2021. “Desain Perencanaan Pembelajaran.” Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman 7(1): 1–10. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/18.

Marlina, L. 2017. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(2). DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Pakpahan, R., and Y. Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4(2): 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Prasetyo, T. B., A. Kunaedi, A. Suryani, and S. Supriyatno. 2021. “Wastafel Portable Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Di Desa Klayan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 9–18. DOI: https://doi.org/10.37874/bm.v1i1.201

Prasetyo, Y., and H. Nasrudin. 2013. “Penentuan Konsentrasi ZnCl2 Pada Proses Pembuatan Karbon Aktif Tongkol Jagung Dan Penurunan Konsentrasi Surfaktan Linier Alkyl Benzene Sulphonate (LAS).” UNESA Journal of Chemistry 2(3): 231–35. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1698755.

Pubian, Y. M., and H. Herpratiwi. 2022. “Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan 11(1): 163–72. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Sadat, A. et al. 2021. “Efforts to Increase Public Knowledge Regarding the Prevention of Covid-19 in Baubau City.” Community Empowerment 6(7): 1106–16. DOI: https://doi.org/10.31603/ce.4904

Sari, R. P., N. B. Tusyantari, and M. Suswandari. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1): 9–15. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Sariani, N. et al. 2021. Belajar Dan Pembelajaran.

Shilla, R. A., S. Sutarto, and A Harijanto. 2016. “Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (Mpide) Dengan Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4(4): 334–49. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3088.

Sobri, M., N. Nursaptini, and S. Novitasari. 2020. “Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Glasser 4(1): 67–71. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Syafitri, M. A., M. H. Arifin, and Y Wahyuningsih. 2022. “Peranan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Ips Untuk Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1): 4411–14. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3551.

Tian, M., C. D. Kusmindari, and S. Hardini. 2021. “Ruang Belajar Online Sebagai Implementasi Pembelajaran Daring Pada Murid Sekolah Dasar Muhammadiyah 22 Meranjat.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma 1(1): 43–56. DOI: https://doi.org/10.33557/pengabdian.v1i1.1341

Tyas, B. A. D. N., A. Arjudin, and N. K. Dewi. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Daring Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Tampar Ampar Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(4): 629–37. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.296

Wibawa, A. E. Y. 2021. “Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19.” Berajah Journal 1(2): 76–84. DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15

Windhiyana, E. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34(1): 1–8. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Yuangga, K. D., and D. Sunarsi. 2020. “Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid-19.” Jurnal Guru Kita 4(3): 51–58.

Zahro, L., and R. Agustini. 2013. “Uji Efektivitas Antibakteri Ekstrak Kasar Saponin Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Terhadap Staphylococcus Aureus Dan Escherichia Coli.” Journal of Chemistry 2(3): 120–29. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1698776.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Baskoro, L., Kanzunuddin, M., & Roysa, M. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Kelas V SD 5 Jekulo Kudus. Indonesian Gender and Society Journal, 3(1), 19–25. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i1.43881

Issue

Section

Articles