Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Sofiana Nur Afidah Sofiana Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Fakhriyah universitas muria kudus
  • ika oktavianti oktavianti universitas muria kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Keywords:

Penggunaan Gadget, Perkembangan Emosional, Perkembangan Kognitif

Abstract

Penggunaan gadget merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan saat ini. Namun penggunaan gadget berlebihan membuat perkembangan emosi dan kognitif anak berubah. Tujuan penelitian: mengetahui bentuk dan dampak penggunaan gadget pada siswa kelas IV Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo serta bentuk pendampingan orang tua terhadap perkembangan emosi dan kognitif anak. Gadget adalah perangkat yang berguna untuk membantu memudahkan aktivitas manusia. Perkembangan emosi adalah perkembangan yang berkaitan kebutuhan, tujuan, dan minat individu. Perkembangan kognitif adalah proses pertumbuhan berpikir logis. Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian 6 siswa. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data: penjodohan pola, pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian: dampak penggunaan gadget dalam mempengaruhi perkembangan kognitif, yaitu dampak positif siswa kelas IV mampu mengeksplorasi pengetahuan lebih luas. Dampak negatif yaitu bermain gadget secara berlebihan menyebabkan gangguan kesehatan dan menurunkan konsentrasi belajar. Bentuk pendampingan orang tua: memberikan batasan penggunaan dan mengajak interaksi sosial anak.

References

Afidah, S. N., Fakhriyah, F., & Oktavianti. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosiaonal dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JUrnal Handayani PGSD FIP Unimed, 13(2), 104–114. https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.36544.

Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan tingkat depresi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107. https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100

Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu Publishing

Cahyono, B. (2015). Daily Parenting: Menjadikan Orangtua Pendidik Yg Luar Biasa. Pandamedia

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam. Jurnal Informatika, 4(2). https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2096.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Jarmi, A., & Rahayuningsih, S. I. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).

Kusumawati, E., Fathurrahman, T., & Tizar, E. S. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Makan Fast Food, Durasi Penggunaan Gadget dan Riwayat Keluarga dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah (Studi di SDN 84 Kendari). Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 6.

Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa dan umum.

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.7646.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Maulia, D., Rakhmawati, E., & Suyati, T. (2020). Edukasi Pendampingan Orangtua Mengenai Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 179–189.

Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. UNY Press

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77

Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752. DOI: https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379.

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161

Veriawan, A., Ismaya, E. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Analisis Bentuk Kemandirian Anak Usia 6-8 Tahun Ditinjau dari Status Pekerjaan Orangtua sebagai Buruh Pabrik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1882–1890.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 556623. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & oktavianti, ika oktavianti. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Issue

Section

Articles