Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414Kata Kunci:
Gadget Usage, Emotional Development, Cognitive Development.Abstrak
Penggunaan gadget merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan saat ini. Namun penggunaan gadget berlebihan membuat perkembangan emosi dan kognitif anak berubah. Tujuan penelitian: mengetahui bentuk dan dampak penggunaan gadget pada siswa kelas IV Desa Tambahagung Kecamatan Tambakromo serta bentuk pendampingan orang tua terhadap perkembangan emosi dan kognitif anak. Gadget adalah perangkat yang berguna untuk membantu memudahkan aktivitas manusia. Perkembangan emosi adalah perkembangan yang berkaitan kebutuhan, tujuan, dan minat individu. Perkembangan kognitif adalah proses pertumbuhan berpikir logis. Jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian 6 siswa. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data: penjodohan pola, pembuatan eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian: dampak penggunaan gadget dalam mempengaruhi perkembangan kognitif, yaitu dampak positif siswa kelas IV mampu mengeksplorasi pengetahuan lebih luas. Dampak negatif yaitu bermain gadget secara berlebihan menyebabkan gangguan kesehatan dan menurunkan konsentrasi belajar. Bentuk pendampingan orang tua: memberikan batasan penggunaan dan mengajak interaksi sosial anak
Referensi
Afidah, S. N., Fakhriyah, F., & Oktavianti. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosiaonal dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JUrnal Handayani PGSD FIP Unimed, 13(2), 104–114. https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.36544.
Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan tingkat depresi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107. https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu Publishing
Cahyono, B. (2015). Daily Parenting: Menjadikan Orangtua Pendidik Yg Luar Biasa. Pandamedia
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.
Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.7
Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh gadget terhadap prestasi siswa smk yayasan islam tasikmalaya dengan metode tam. Jurnal Informatika, 4(2). https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2096.
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Jarmi, A., & Rahayuningsih, S. I. (2017). Hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).
Kusumawati, E., Fathurrahman, T., & Tizar, E. S. (2020). Hubungan antara Kebiasaan Makan Fast Food, Durasi Penggunaan Gadget dan Riwayat Keluarga dengan Obesitas pada Anak Usia Sekolah (Studi di SDN 84 Kendari). Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 6.
Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa dan umum.
Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Keperawatan, 3(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.7646.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Maulia, D., Rakhmawati, E., & Suyati, T. (2020). Edukasi Pendampingan Orangtua Mengenai Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 179–189.
Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar. UNY Press
Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77. DOI: https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Putra, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran: Utilization of Gadget Technology as a Learning Media. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752. DOI: https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.752
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379.
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di desa jekulo kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161
Veriawan, A., Ismaya, E. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Analisis Bentuk Kemandirian Anak Usia 6-8 Tahun Ditinjau dari Status Pekerjaan Orangtua sebagai Buruh Pabrik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1882–1890.
Yumarni, V. (2022). Pengaruh gadget terhadap anak usia dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 556623. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.