Penggunaan Media Video Pembelajaran Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.55323Keywords:
Video Pembelajaran, Perkembangan Kognitif, Perkembangan BahasaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. Faktor penyebab rendahnya aspek perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak adalah masih terbatas dan kurang bervariasinya dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di jenjang taman kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang dilakukan adalah eksperiemen deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design jenis Post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas ibnu rusyd dan kelas ibnu khaldun dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengambilan data dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh uang signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di taman kanak-kanak dengan taraf signifikan 0,000<00,5 artinya HO ditolak Ha diterima.
References
Anggun, dkk. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 181. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02.
Arikunto. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Arsyad, azhar. (2014). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Perasada.
Basori. (2019). Pengaruh Video Cerita Anak Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Mutharahah, 16(2), 313. https://doi.org/https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/23.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Satu Nusa.
Dewi, A. R. dan E. D. (2021). Analisis Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 812. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.351.
Elin, dkk. (2018). Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Cendrawasih Samarinda. Universitas Mulawarman, 5. https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.206.
Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 136. https://doi.org/10.29300/ja.v1i2.1339.
Halim, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan Pontianak, 5(2), 71. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i9.49323.
Haryani, S. R. I. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4371. https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1563.
Hasnida. (2014). Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini. Luxima.
Herlianty. (2020). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Di Tk Negeri Tapada’a Kecamatan BotumoitKabupaten Boalemo. Jurnal Berita Kesehatan, 13(2), 168. https://doi.org/10.58294/jbk.v13i1.37.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Mulya Sarana.
Khairi. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 18. https://doi.org/http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87.
Mesiono, dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 67. https://doi.org/10.30829/raudhah.v8i1.586.
Murtiyah, dkk. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Alat Peraga Edukatif Terhadap Hasil Perkembangan Anak Di Ra Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, 14, 10 31219 4 7. https://doi.org/10.31219/osf.io/nc4w7.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2022). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Vol. 6, Nomor 1, hal. 137–149). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i.
Nuraini. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. CV Campustaka.
Rahma, A. dkk. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak. Jurnal Pendidikan Early Childhood, 4(1), 22 10 35568 4 1 806. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.806.
Risnita. (2019). Asesmen Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Bigbog. Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 250. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6575.
Rusi, dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 59. https://doi.org/https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/4034.
Sa’idah, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 18. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937.
Saputra, A., & FilahanasariEka. (2020). Pengembangan Media Video Untuk Pengenalan Karir Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 501. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110.
Sari, A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Tabung Menggunakan Balok Angka Dan Huruf. Jurnal Pelita Paud, 96. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.598.
Simamora, L. dkk. (2019). Pengaruh Penerapan Permaianan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2), 94. https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.506.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.
Tafonao, talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 106. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Widayanti, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Konsep Ruang Kanan Kiri Melalui Metode Permaianan Pijak Kaki Pada Anak Kelompok A (4-5 Tahun) Di RA Al- Muhtadin Langenharjo Kendal. Jurnal Equalita, 2(2). https://doi.org/https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/7456.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/816.
Zega, B. K. (2021). Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 21. https://doi.org/https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/101/40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.