Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Agus Saputra TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Dharmasraya, Sumatera Barat
  • Sri Yunimar Ningsih TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Dharmasraya, Sumatera Barat, Indonesia
  • Dasniati Z. TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Dharmasraya, Sumatera Barat, Indonesia

Keywords:

Video Pembelajaran, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Bahasa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Faktor penyebab rendahnya aspek perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak adalah masih terbatas dan kurang bervariasinya dalam penggunaan media pembelajaran. upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di TK IT Al-Irsyad Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang dilakukan adalah eksperiemen deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design jenis Post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas ibnu rusyd dan kelas ibnu khaldun dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengambilan data dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh uang signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di TK IT Al- Irsyad Koto Baru Kabupaten Darmasraya dengan taraf signifikan 0,000<00,5 artinya HO ditolak Ha diterima.

References

Andhani, Dwi Nurhayati. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dengan Media Flas Card Pada Anak Usia Dini Di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal Pgpaud Trunojoyo 3 (2): 112–13.

Anggun, dkk. 2021. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 T ahun. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 6 (4): 181.

Arsyad, azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perasada.

Basori. 2019. Pengaruh Video Cerita Anak Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Al- Mutharahah 16 (2): 313.

Cahyanto, Devi. 2014. Pemanfaatan Media Video Pembelajaran ‘Bermain Dengan Angka’ Untuk Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan Di Tk Al Hidayah Krembangan Surabaya 1 (1).

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dewi, Aftika Resha dan Eliza Delpi. 2021. Analisis Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4 (8): 812.

Dian, dkk. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan 6 (1): 7.

Elin, dkk. 2018. Media Audio Visual T erhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Cendrawasih Samarinda. Universitas Mulawarman, 5.

Falahudin, Iwan. 2014. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara 1 (4): 114.

Febey, Dkk. 2021. Analisis Kemampuan Guru Paud Dalam Membuat Media Pembelajaran Di Kecematan Jarai Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Journal Of Early Childhood Islamic Education 4 (2): 129.

Fitriana, Septi. 2018. Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Journal Of Early Childhood Islamic Education 1 (2): 136.

Halim, Ling. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan Pontianak 5 (2): 71.

Hana, Putri, and Pebriana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 2.

Haryani, SRI. 2021. Efektifitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2): 4371.

Hasanah, Azizah Uswatun. 2018. Analisis Keterlambatan Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 5 (1): 13.

Hasim, Evi. 2018. Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan 9 (2): 202.

Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.

Herlianty. 2020. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Di Tk Negeri Tapada’a Kecamatan Botumoito

Kabupaten Boalemo. Jurnal Berita Kesehatan 13 (2): 168.

Huliyah, Muhiyatul. 2016. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal 1 (1): 62.

Joni, purwono dkk. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (2): 127.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Khairi. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna 2 (2): 18.

Kurniasih, Ria. 2014. Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Dini 5 (2): 122.

Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam 37 (1): 27.

Mawaddah, Siti. 2020a. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Di Paud Khusnul Hafzan Desa Paya Bakung. 14–15.

Mesiono, dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah 8 (1): 67.

Mukholladah, Ken. 2018. Pengaruh Penerapan Media Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Di TK ISLAM AL-Maarif Singosari Malang.

Murtiyah, dkk. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Dan Alat Peraga Edukatif Terhadap Hasil Perkembangan Anak Di Ra Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, 14.

Ningsih, Sri Yunimar, and Nenny Mahyuddin. 2022. Desain E- Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. 6 (1):137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i 1.1217.

Nuraini. 2019. Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. CV Campustaka.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” no. 2: 42.

Putri, Nur Adni Fadilah. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Fukultas KeguruanDan Ilmu Pebdidikan Universitas Mataram, 8.

Rahma, Aulia dkk. 2020. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak. Jurnal Pendidikan Early Childhood 4 (1): 22.

Razuba, Febriyanti. 2019. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Di Ra Assafi’iyah Mada Jaya Way Khilau Pesawaran. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 31–32.

Risnita. 2019. Asesmen Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Bigbog. Jurnal Kependidikan Islam 5 (2): 250.

Rusi, dkk. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora 12 (1): 59.

Sa’idah, Naili. 2018. Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4 (2): 18.

Saputra, Agus & Filahanasari.Eka. 2020. Pengembangan Media Video Untuk Pengenalan Karir Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3 (3): 501.

Sari, Ayu Mustika. 2019. Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Tabung Menggunakan Balok Angka Dan Huruf. Jurnal Pelita Paud, 96.

Simamora, Laili dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Permaianan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah 7 (2): 94.

Steffi, Dkk. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal 3 (2): 79.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Suhada, Idad. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Tafonao, talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 106.

Turhayanti, Amik dkk. 2020. Penerapan Pembelajaran Media Gambar Dan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Paud. Pascasarjana Universitas PGRI Argopuro Jember, 12.

Widayanti, Laili. 2020. Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Konsep Ruang Kanan Kiri Melalui Metode Permaianan Pijak Kaki Pada Anak Kelompok A (4-5 Tahun) Di RA Al- Muhtadin Langenharjo Kendal. Jurnal Equalita 2 (2).

Yuanta, Friendha. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 1 (2): 92.

Yunanta, Friendha. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 1 (2): 93.

Zega, Berkat Karunia. 2021. Pengaruh Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3 (1): 21.

Published

2023-06-22

How to Cite

Agus Saputra, Sri Yunimar Ningsih, & Dasniati Z. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/55323

Issue

Section

Articles