Penggunaan Media Video Pembelajaran Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Agus Saputra TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Sumatera Barat, Indonesia
  • Sri Yunimar Ningsih TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Sumatera Barat, Indonesia
  • Dasniati Z. TK IT Al-Irsyad Koto Baru, Sumatera Barat, Indonesia

Keywords:

Video Pembelajaran, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Bahasa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak. Faktor penyebab rendahnya aspek perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak adalah masih terbatas dan kurang bervariasinya dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di jenjang taman kanak-kanak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang dilakukan adalah eksperiemen deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental Design jenis Post-test-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas ibnu rusyd dan kelas ibnu khaldun dengan jumlah 40 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh. Teknik pengambilan data dengan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample t-test SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak usia 5-6 Tahun di taman kanak-kanak. Disimpulkan penggunaan media video pembelajaran memiliki meningkatkan perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa anak.

Published

2023-06-22

How to Cite

Agus Saputra, Sri Yunimar Ningsih, & Dasniati Z. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/55323

Issue

Section

Articles