Perancangan Media Animasi Cerita Rakyat ‘Siap Sangkur Mataluh Mas’ di SDN 3 Kedewatan

Authors

  • I Made Dedy Setiawan Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ni Komang Ayu Leonita Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • I Ketut Setiawan Teknik Informatika, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia

Keywords:

Animasi, Cerita Rakyat, Media

Abstract

Generasi muda saat ini kurang meminati cerita rakyat karena dianggap kurang relevan dengan perkembangan zaman. Padahal cerita rakyat merupakan salah satu karya sastra yang mempunyai nilai kearifan lokal. Menyikapi fenomena terkait popularitas cerita rakyat di kalangan siswa sekolah dasar, maka dipandang perlu adanya media pembelajaran alternatif.  Media pembelajaran ini diharapkan bisa mengakomodasi siswa SDN 3 Kedewatan dalam melestarikan cerita rakyat sebagai salah satu kearifan lokal dan sumber pendidikan karakter di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah merancang media animasi cerita rakyat yang layak untuk diimplementasikan. Analisis data kualitatif deskriptif digunakan untuk mengolah data observasi, wawancara, dan studi pustaka, sementara data kuisioner diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi sangat layak digunakan berdasarkan hasil uji ahli materi, uji coba kelompok, dan uji ahli media dengan kualifikasi sangat baik. 

References

Abidin, Y., Mulyati, T., Yuniarti, Y., & Nurhuda, T. F. (2021). Revitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Teknologi Mixed Reality di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 215–225. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3335

Adi, W. A., Relmasita, S. C., Hardini, A. T., Guru, P., Dasar, S., & Keguruan, F. (2020). Pengembangan Media Animasi Matematika Materi Bangun Datar untuk Pembelajaran. 4, 81–87.

Ardiana, D. P. Y., & Pandawana, I. D. G. A. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 8(3), 208. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07

Ariqah, N. (2022). PERANCANGAN ANIMASI 2D CERITA RAKYAT “ I LAURANG SI MANUSIA UDANG .” x.

Ayu, P., Lestari, R., & Setiawan, I. K. (2019). ADAPTASI CERITA RAKYAT JAYAPRANA DAN LAYONSARI DALAM BENTUK ANIMASI 2D. 1(2), 88–94.

Feriana, C., Rachman, A., & Kurniawan, R. A. (2022). PEMBUATAN ANIMASI PENDEK 2D CERITA RAKYAT Pendahuluan. 10(1), 61–72.

Jamilah. (2017). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. 3(2), 87–96.

Junaini, E. (2017). 3 1,2,3. I(1), 39–43.

Kristiani, L. C. (2018). Pembuatan Buku Pop-Up Cerita Rakyat Harta Terpendam Dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality. Calyptra, 7(1), 2179–2186. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1939%0Ahttps://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/1939/1553

Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778

Kuspiyah, H. R., Amaliah, K., Mustofa, M. I., & Ramadhani, D. (2021). Visualisasi Karakter Video Animasi 2D Legenda Pulau Kemaro. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 6(3), 145–149.

Lizawati. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter. SeBaSa, 1, 19–26.

Muhdaliha, B., & Batuaya, D. R. D. (2017). Film Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Bali Berjudul I Ceker Cipak. Jurnal Bahasa Rupa, 1(1), 61–72. https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v1i1.143

Pratiwi, R. W., Palupi, W., & Dewi, N. K. (2021). UPAYA PENANAMAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI CERITA RAKYAT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. 9(1).

Putri, M. M. (2021). Media Pembelajaran Berupa Komik Edukasi Bernuansa Spiritual dengan Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik SMP. 5(3), 308–314.

Setiawan, I M Dedy, & Arnawa, I. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(4), 269. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363

Setiawan, I M Dedy, & Permana, I. K. P. (2021). Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 484. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38649

Setiawan, I Made Dedy, Putra, R. P., & Sugiartawan, P. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Klasifikasi Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 413–421. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.55129

Siput, M. D. (2022). Perancangan Film Animasi 2d Cerita Rakyat Bali “ Balapan. 12(2), 136–143.

Triyanto. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. 17(2), 175–184.

Windu, M., Kesiman, A., Ganesha, U. P., Bangli, K., Desain, T., Bahan, T. P., & Bangli, K. (2022). PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI SEJARAH PERANG KERAJAAN BANGLI , TAMAN BALI DAN. 11, 25–34.

Yusa, I. M. M., Ds, S., Ds, M., Jayanegara, I. N., Sn, S., & Sn, M. (n.d.). Pengembangan Aplikasi Penyampaian Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat Bali Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Mobile. 24–32.

Published

2023-06-22

How to Cite

I Made Dedy Setiawan, Ni Komang Ayu Leonita, & I Ketut Setiawan. (2023). Perancangan Media Animasi Cerita Rakyat ‘Siap Sangkur Mataluh Mas’ di SDN 3 Kedewatan. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/61263

Issue

Section

Articles