Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text

Authors

  • Ananda Rival Prakoso Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Seriardana
  • Luh Diah Surya Adnyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206

Keywords:

Keterampilan Menulis, Penelitian Tindakan Kelas, Genre Based Approach

Abstract

Menulis adalah salah satu keterampilan produktif dalam belajar bahasa Inggris. Ada berbagai macam pendekatan untuk meningkatkan keterampilan menulis. Salah satunya adalah dengan pendekatan Genre Based Approach. Menulis adalah salah satu keterampilan yang susah dikuasai peserta didik, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah keterampilan menulis dengan mengimplementasikan pendekatan Genre based approach dalam menulis teks explanation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK akan berjalan dalam dua siklus. Fokus dalam penelitian ini akan dibatasi pada hasil unjuk kerja menulis peserta didik yang akan dinilai menggunakan rubrik menulis. 19 orang peserta didik kelas 11 IIS 1 di SMA Laboratorium Undiksha dipilih menjadi subjek penelitian. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengambil data nilai hasil unjuk kerja menulis peserta didik. Sebagai tambahan, data yang diperoleh akan dianalisis dengan dukungan dari lembar observasi.. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa masalah peserta didik dalam kurangnya keterampilan menulis dapat teratasi dengan digunakannya pendekata Genre based approach. Ini ditunjukkan dengan adanya lebih dari 75% peserta didik memiliki nilai diatas KKM dan memiliki peningkatan nilai keterampilan menulis pada post-test.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Raneka Cipta.

Boardman, Cynthia. A, and Frydenberg, Jia. 2002. Writing to Communicate Paragraphs and Essays. University of California, San Fransisco: Longman

Hasan, M. K., & Akhand, M. M. (2010). Approaches to Writing in EFL/ESL Context: Balancing Product and Process in Writing Class at Tertiary Level. Journal of NELTA Vol, 15(1-2) DOI: https://doi.org/10.3126/nelta.v15i1-2.4612

Hyland, K. (2003). Genre-based pedagogies: A social response to process. Journal of second language writing, 12(1), 17-29. DOI: https://doi.org/10.1016/S1060-3743(02)00124-8

Kim, J., & Kim, J. (2005). Teaching Korean university writing class. Asian EFL, 7(2), 69-90.

Mills, J.E. 2000. Action Research: A Guideline For The Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Oshima, Alice, & Hogue, Ann. 2007. Introduction to Academic Writing. New York: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2021-09-06

How to Cite

Prakoso, A. R., Seriardana, P., & Adnyani, L. D. S. (2021). Implementasi Genre Based Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Explanation Text. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39206

Issue

Section

Articles