Meningkatkan Pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Strategi Crossword Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39582Kata Kunci:
Kosakata, Crossword Puzzle, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini berkaitan dengan pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VIII. Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi peneliti pada kelas VIII A1 yang menunjukkan adanya kelemahan pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris yang menyulitkan siswa untuk memproduksi Bahasa Inggris secara baik dan lancar. Dari latar belakang tersebut peneliti melaksanakan penelitian terkait penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penggunaan strategi crossword puzzle untuk meningkatkan pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian tindakan kelas karena permasalahan yang diangkat langsung ditemukan dari dalam kelas. 32 siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja menjadi subyek penelitian ini dengan latar belakang hasil observasi selama masa pelaksanaan praktek pengalaman lapangan (PPL). Data dikumpulkan dari hasil pre-test, post-test, dan questionnaire terkait respon siswa terhadap strategi yang digunakan. Kemudian data dianalisis dengan cara membandingkat peningkatan hasil test dan didukung dengan questionnaire. Hasil penelitian ini menemukan pembuktian keberhasilan penggunaan strategi crossword puzzle untuk meningkatkan pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris siswa.
Referensi
Astuti, W. and Habibah, U. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif Di Kelompok a Tk Pertiwi I Jirapan 2014/2015’, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers, ISBN: 978-(2), pp. 323–332.
Kesuma, A. (2013) Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Esensi.
Njoroge, M.C., Ndung’u, R.W., Gathigia, M. . (2013) ‘The Use of Crossword puzzles as a Vocabulary Learning Strategy: A Case of English as Second Language in Kenyan Secondary Schools’, Karatina University College.
Ramdhan, V. (2017) ‘Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Babasa Terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi bahasa Inggris (The influence of the mastery of vocabulary and Grammar Babasa Against reading comprehension Text English Narration)’, Deiksis, 09(02), pp. 240–246. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299
Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), p. 23. doi: 10.30868/ei.v7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Sudrajat, H. N. and Herlina, H. (2015) ‘Meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo’, JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), pp. 114–121. doi: 10.21009/jiv.1002.6. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1002.6
Sulistiana, E., Nadzifah, W. and Arifin, M. S. (2019) ‘Intensive English Program (IEP) Meningkatkan Penguasaan Vocabulary’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(3), pp. 236–240. doi: 10.30605/jsgp.2.3.2019.46. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.46
Zalmansyah, A. (2013) ‘Meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary) siswa dengan menggunakan komik strip sebagai media pembelajaran bahasa Inggris’, Kandai, 9(2), pp. 262–275.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.