Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik

Penulis

  • I. K. Wati Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G Oka

DOI:

https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39081

Kata Kunci:

Bahasa Inggris, Flashcard, Kosakata

Abstrak

Kemampuan berbahasa Inggris penting karena kemampuan ini memberikan pengaruh secara akademis. Kemampuan bahasa Inggris dapat dilihat dari kekayaan kosakata yang dimiliki seseorang. Salah satu upaya kreatif dalam pembelajaran agar menarik yaitu menggunakan media flash cards. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flash cards dalam meningkatkan kosakata peserta didik pada tingkat SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI. Hipotesis penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media flash card. Hasil pada siklus pertama terjadi peningkatan penguasaan kosakat pada peserta didik yang semula 38,23% menjadi 58,82% dan pada siklus kedua terjadi peningkatan prosentase dari 58,82% menjadi 82,35%. Hal tersebut menunjukkan bahwa flash cards dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa.

 

Referensi

Ahmad Susanto (2011) Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenada Media Grup.

Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Faridatuunnisa, I. (2020) ‘Kebijakan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sd Di Indonesia.’, Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 191–199. Available At: Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Semnas2020/Article/View/7510.

Fitriyani, E. And Nulanda, P. Z. (2017) ‘Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris’, Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), Pp. 167–182. Doi: 10.15575/Psy.V4i2.1744. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1744

Hasil, M. Et Al. (2012) ‘Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media’, 1(2), Pp. 192–197.

Maryanto, R. I. P. And Wulanata, I. A. (2018) ‘Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado’, Pedagogia, 16(3), P. 305. Doi: 10.17509/Pdgia.V16i3.12073. DOI: https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073

Nasution, D., Harahap, S., Siregar, S., & Hasibuan, A. (2021) ‘Pendampingan Bahasa Inggris Pada Anak- Anak Setingkat Sekolah Dasar Di Desa Wisata Pagaran Gala- Gala, Mandailing Natal- Sumut, Dalam Mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Melalui Metode Drilling Dan Repetition’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 63-72. Retrieved from https://stp-mataram.e-journal.id/Amal/article/view/573. DOI: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573

Santosa, P. P. P. (2017) ‘Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok (The Ability To Read Text United Kingdom Language Grade Persuasive X Smk Negeri 2)’, Deiksis, 09(02), Pp. 170–181. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1823

Sekarini, W. (2018) Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sholichah, A. S. (2018) ‘Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an’, Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), P. 23. Doi: 10.30868/Ei.V7i01.209. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

Wati, I. K., & Oka, I. (2021). Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39081

Terbitan

Bagian

Articles