Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39082Kata Kunci:
Whatsapp Diary WritingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Whatsapp Diary Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Dalam hal ini, penulis melakukan Penelitian Tindkaan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan rekfleksi. Sebelum memberikan perlakuan, peserta didik kebingungan dalam menulis dalam Bahasa Inggris dengan pemilihan kosa kata dan penggunaan struktur kalimat yang baik. Peserta didik memiliki kesadaran yang lemah terhadap tata cara penulisan yang baik dan benar. Peserta dtidak mempuyai waktu lebih untuk melakukan latihan menulis. Oleh karena itu, penulis memilih dalam Whatsapp Diary Writing untuk memberikan kesempatan lebih menulis kepada peserta didik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua jenis instrumen penilaian, yakni tes dan observasi untuk guru dan peserta didik. Setelah memberikan perlakuan, penulis menarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis peserta didik melalui Whatsapp Diary Writing.
Referensi
Klimova, B. (2015). Diary Writing as A Tool dor Student' Self Reflection and Teacher's Feedback in the Course of Academic Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.189
Moon, J. (2010). Assessment: Learning Journals and Logs. United Kingdom: UCD Teaching and Learning.
Nurhadi. (2007). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII . Malang: Erlangga.
Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona. DOI: https://doi.org/10.26638/jp.444.2080
Raimes. (2014). Technique in Teaching Writing. New York: Oxford University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.